Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Popayato Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sharing Dan Media Audio Visual

Suhrin Pasuka

Abstract


Hasil belajar siswa yang belum mencapai Ketuntasan Kelulusan dapat disebabkan cara atau metode yang diterapkan dalam pembelajaran tidak tepat. Sehingga di dalam pemahaman suatu materi pembelajran siswa mendapatkan kesulitan. Proses pembelajaran yang masih menggunakna pendekatan yang menimbulkan kejenuhan, kebosanan serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Yang akhirnya akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak membosankan serta meningkatkan mutu pembelajran. Sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, mengajak siswa untuk turut berpartisipasi serta dapat meningkat hasil belajar siswa pada pelajaran Agama Islam terutama pada materi Iman pada Hari Akhir. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif yatitu Sharing dan Media Audio Visual. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang tercapai dan diperoleh siswa dari evaluasi tes tertulis pada akhir pembelajaran mengalami peningkatan,untuk siklus I 25 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan masih terdapat 10 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan daya serap siswa mencapai 74,4 %. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 35 orang yang mencapai ketuntasan dalam belajar dengan daya serap siswa mencapai 83,9 %.

Keywords


Model pembelajaran kooperatif, hasil belajar, PAI

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad, Prof. Dr. 2003, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Radja Grafindo Persada

Hidayanto. 2006. Model-model Pembelajaran Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ibrahim, Uslim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E, Dr., M.Pd. 2005, Menjadi Guru Profesional, 2005.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslimin Ibrahim, Prof.M.Pd., dkk., Pembelajaran Kooperatif,2000, Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA University Press.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.381-388.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id