Mutu Layanan Tutor Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Revolusi Industri 4.0 Di SKB Kabupaten Bone Bolango Ditinjau Dari Kreativitas Tutor Dan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket B

Rusmin Husain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas tutor dan motivasi berprestasi warga belajar paket B secara parsial maupun simultan dengan mutu layanan tutor dalam pembelajaran berbasis teknologi revolusi industri 4.0 di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif dengan desain penelitian ini berupa kausalitas. Teknik analisis data yang digunakan yakni analissi deskriptif dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kreativitas tutor memiliki hubungan positif dan signifikan dengan mutu layanan tutor dalam pembelajaran berbasis teknologi revolusi industri 4.0 di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bone Bolango sebesar 81,00% atau berada dalam kategori hubungan yang sangat kuat. (2) Motivasi berprestasi warga belajar paket B memiliki hubungan positif dan signifikan dengan mutu layanan tutor dalam pembelajaran berbasis teknologi revolusi industri 4.0 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bone Bolango sebesar 76,80% atau berada dalam kategori hubungan yang kuat. (3) Kreativitas tutor dan motivasi berprestasi warga belajar paket B secara bersama-sama memiliki hubungan signifikan dengan mutu layanan tutor dalam pembelajaran berbasis teknologi revolusi industri 4.0 di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bone Bolango sebesar 86,10% atau berada dalam kategori hubungan yang sangat kuat.

Keywords


Revolusi Industri, Mutu Layanan Tutor, Kreativitas, Motivasi Berprestasi

Full Text:

PDF

References


Cholily, Y. M.; Putri, W. T.; Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M)

Dewantara, A. H.; Amir B., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media berbasis IT ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gurfah : Journal of Primary Education Volume 1, No. 1, Juni 2020, 15-28

Farisuci, R. M., Budiman, B., & Lukmawati, L. (2019). Motivasi Berprestasi Dengan Adversity Quotient Pada Siswa Madrasah Aliyah Di Kota Palembang. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 74–82. https://doi.org/10.19109/psikis.v5i1.3195

Fitriah. (2018). The Role Of Technology In Teachers’ Creativity Development In English Teaching Practices. Teflin Journal, Volume 29, Number 2.

Ghavifekr, S & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in Schools. International Journal of Research in Education and Science Volume 1, Issue 2, Summer 2015 ISSN: 2148-9955.

Harris, J. L.; Al-Bataineh, M. T. & Al-Bataineh, A. (2016). One to One Technology and its Effect on Student Academic Achievement and Motivation. Contemporary Educational Technology, 2016, 7(4), 368-381

Hasrul, M. I.; Suharianto, J.; Lubis, R. A. & Marbun, M. (2019). Revolusi Industri 4.0 Dalam Dunia Pendidikan Dari Sisi Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED ISBN : 978-623-92913-0-3

Indrayana, B. & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching Vol. 02 No. 01 (2020), Hal. 46-55

Iriansyah, H. S. (2020). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845

Junita, D.; Suarman.; & Kartikowati, S. (2018). Accomplishment Motivation and Soft Skill Related to Learning Achievement. Journal of Educational Sciences. Vol. 2, No. 2, 2018, 83-89

Kasmaienezhadfard, S.; Talebloo, B.; Roustae, R. & Pourrajab, M. (2015). Students’ Learning Through Teaching Creativity: Teachers’ Perception. Journal of Educational, Health and Community Psychology Vol. 4, No. 1 halaman 1-13.

Lestari, W. P., & Afifah, D. R. (2016). Pengaruh Self Efficacy Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Smk Pgri 1 Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i2.263

Novebri. (2021). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 2 Pariaman. Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 2, E-ISSN: 2721-3439 hlm 147-157

Nurlela & Tarigan, U. (2014). Pengaruh Motivasi Dan Kreatifitasterhadap Kinerja Pamong Belajar Di Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal Dan Informal Regional I Medan. Jurnal Administrasi Publik ISSN: 2088-527x volume 2 nomor 1.

Ridho, M. (2020). Teori Motivasi McClelland dan Implikasi dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan.

Riswandi. (2017). Kontribusi Iklim Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kreatifitas Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Wilayah Luak Nan Tigo Provinsi Sumatera Barat. Jurnal al-Fikrah, Vol. V, No. 1 halaman 31-47.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Salam, R. & Aneta, A. (2020) Kompetensi pamong belajar dalam peningkatan Pelayanan publik bidang penyelenggaraan Pendidikan kesetaraan paket C. Journal of Public Administration Studies Volume 2 - NO. 2 – April 2020 P-ISSN: 2614-2112 E-ISSN: 2614-2090

Siddiquia, S.; Thomasa, M.; & Soomro, N. N. (2020). Technology Integration in Education: Source of Intrinsic Motivation, Self-Efficacy and Performance. Journal Of E-Learning And Knowledge Society Vol. 16, No. 01 (2020), pp. 11-22

Simamora, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review Volume 1 Nomor 2

Thorifah, S. B. A. A; Budiyanto,; & Darminto, E. (2020). Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling Vol 3, No 1, 2020, pp 11-18

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara

Utomo, S. S. (2019). Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Artikel Jurnal Lumbung Pustaka UMY.

Wardana, D. S. (2013). Motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang sudah disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1, (1), hlm 99-100

Wibawa, F. A. & Pritandhari, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. SNPPM-2 (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun 2020 ISBN 978-623-90328-5-2

Yuhenita, N. N. (2015). Pelatihan Motivasi Berprestasi untuk Menurunkan Kecenderungan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikopedagogia 2015. Vol. 4, No. 1 ISSN: 2301-6167




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.213-226.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id