Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19

Veny Agustini Prianggita, Meliyawati Meliyawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian literatur yang membahas mengenai kondisi pendidikan di era pandemic covid-19, dimana pendidikan wajib berakselerasi tinggi dalam proses pembelajarannya. Teknologi bukan hal baru bagi masyarakat, tetapi perlu sebuah pengkajian mengenai perannya dalam pembelajaran. Sekolah, guru, siswa dan orangtua sama-sama dituntut untuk cepat menyadari peran penting dari media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, selain hanya sebagai sentral dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian literatur menunjukkan bahwa peran dari media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yaitu semakin terbukanya kesempatan jangkauan secara luas, cepat efektif dan efisien terhadap ilmu pengetahuan baru dengan berbagai pengemasan dan penyebarluasan informasi serta memberikan keluasan peran kepada guru untuk mendesain belajar siswa dengan menekankan pada upaya penyiapan bahan pembelajaran yang menantang, penuh stimulus, tersistematis dan berkesinambungan. Sedangkan siswa diberikan keluasan untuk mengakses pembelajaran yang diberikan guru tersebut melalui kondisi yang didesain guru dan memungkinkan siswa untuk menggali pengetahuan tambahan sebagai pengayaan.

Keywords


literatur, media pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi

Full Text:

PDF

References


Budiman, Haris. 2017. Peran teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. (Jurnal Pendidikan Islam, Al-Tadzkiyyah, Volume 8 No. I 2017). Hal 31.

Eko Triyanto, dkk. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran.(Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2, 2013). hal 230

Hakim, Luqman. 2020). Pembelajaran dan Covid-19: Momentum untuk Perubahan. Rawamangun: Taman pembelajar.

Karwati, Euis, Donny. 2015. Manajemen Kelas. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ratna, Kunti dkk. 2019. Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Volume 9 Nomor 2 2019 ISSN: 2089-6158

Rusman, Deni, Cepi. 2019. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Melfianora. Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Pekanbaru: UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id