Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Pada Lembaga Pendidikan Nonformal di Kota Bandung (Studi Kasus LKP Karya Duta)

Soni W. Ramadhan, Budiman Rusli, Nina Karlina

Abstract


The problem of low labor absorption is expected to be overcome by promoting entrepreneurship. This research was conducted with the aim of knowing the implementation of the Entrepreneurial Skills Education (PKW) program at LKP Karya Duta, Bandung. The research method used is descriptive qualitative, using program variables, implementing organizations and beneficiaries of David Korten's Policy Implementation Model. Data collection techniques using observation and interviews. Determination of informants using purposive sampling consisting of program coordinators, managers of educational institutions, students and instructors. The results of the study show that this program is very useful in helping people of productive age who do not work to gain knowledge, increase competence and have the opportunity to start independent businesses which are supported by the readiness of LKP Karya Duta in the implementation process

Permasalahan rendahnya keterserapan tenaga kerja diharapkan dapat diatasi dengan menggalakkan wirausaha. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di LKP Karya Duta,
Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, menggunakan variabel program, organisasi pelaksana serta penerima manfaat dari Model Implementasi Kebijakan David Korten. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi dan wawancara. Penentuan informan menggunakan purposive sampling terdiri dari koordinator program, pengelola lembaga pendidikan, peserta didik beserta instruktur. Hasil penelitian menunujukkan bahwa program ini sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat usia produktif yang tidak bekerja untuk memperoleh ilmu, meningkatkan kompetensi serta adanya kesempatan merintis usaha mandiri yang didukung dengan kesiapan LKP Karya Duta dalam proses pelaksanaan.


Keywords


implementasi; entrepreneurship; business startup; competency

Full Text:

PDF

References


Agustina, T. S. (2015). Kewirausahaan Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UKM di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

BPS. (2020). Persentase Usia Muda (15-24 Tahun) Yang Sedang Tidak Sekolah, Bekerja Atau Mengikuti Pelatihan (Persen), 2018-2020. Retrieved January 26, 2021, from https://www.bps.go.id/indicator/6/1186/1/persentase-usia-muda-15-24-tahun-yang-sedang-tidak-sekolah-bekerja-atau-mengikuti-pelatihan.html

Coombs, P., & Manzoor, A. (1985). Memerangi Kemiskinan di Pedesaan dengan Pendidikan Nonformal. Jakarta: CV. Rajawali.

Creswell, J. W. (2019). Research Design ; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Kursus dan Pelatihan, T. U. (2020). Petunjuk Teknis : Bantuan Pemerintah Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Jakarta: Tata Usaha Direktorat Kursus.

Eichhorst, W., Rodriguez-Planas, N., Schmidl, R., & Zimmermann, K. (2015). A Road Map To Vocational Education and Training in Industrialized Countries. Industrial and Labor Relations Review, XX(X), 1–24. https://doi.org/10.1177/0019793914564963

Haedar, A., & Tarigan, A. (2008). Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model Dan Kriteria Pengukurannya. Jurnal Kebijakan Publik, 1.

Jones, C. O. (1994). Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Miller, M. D. (1985). Principles and Philosophy for Educational Education. Ohio: The National Center of Research in Vocational Education, The Ohio University.

Minniti, M. (2008). The Role of Government Policy on Entrepreneurial Activity: Productive, Unproductive, or Destructive?. Entrepreneurship Theory and Practive. Texas: Baylor University.

Nugroho, R. (2014). Public Policy ; Teori, Manajemen, Dinamika, Analisis, Konvergensi dan Kimia Kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Onstenk, J. (2003). Entrepreneurship and Vocational Education. European Educational Research Journal, 2(1), 74–89.

Rojewski, J. . (2009). A Conceptual Framework for Technical and Vocational Education and Training. Bonn: Springer.

Sudira, P. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Sarana Praktik, dan Media terhadap hasil Belajar Patiseri SMK se-Gerbang Kertasusila. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 88–102.

Ulya, F. N. (2020, November). Pemerintah Kejar Target Rasio Wirausaha 3,9 Persen Tahun 2024.

Van Meter, D., & Van Horn, C. (1975). The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework. London: Sage.

Westra, P. (1989). Ensiklopedi Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Wibawa, S. (2002). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.595-608.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id