Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan Pontianak

Nurmila Sari Djau, Asfar Munir, Imam Ghozali

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi Mahasiswa terhadap pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan Pontianak (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung maupun penghambat terlaksananya pembelajaran daring. Jenis penelitian merupakan Deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data peneliti berasal dari informan, observasi, dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran daring. Adapun analisis data meliputi, reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa hampir keseluruhan mahasiswa baik Pendidikan Seni Musik maupun Tari berpendapat bahwa mata kuliah praktek sebaiknya dilaksanakan secara tatap muka dengan alasan mahasiswa masih bergantung pada peralatan penunjang perkuliahan yang ada di kampus. Dengan pembelajaran tatap muka mata kuliah praktik lebih mudah dipahami terutama pada teknik memainkan alat musik bagi mahasiswa musik dan juga teknik gerak bagi mahasiswa tari. Sedangkan mata kuliah teori mahasiswa memilih daring. Namun tidak dipungkiri ada mata kuliah tertentu bersifat teori, menurut mahasiswa lebih baik dilaksanakan secara tatap muka, contohnya: Teori Musik, Harmoni, notasi tari, hal ini disebabkan mata kuliah tersebut membutuhkan pemahaman yang lebih dalam. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi pelaksanaan mata kuliah secara daring maupun tatap muka berdasarkan persepsi mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.


Keywords


Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan. Jawa Tengah: CV Pena Persada.

Efendi, Albert. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: SarnuUntung.

Hilmi Zhafira, Nabila. (2020). “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19”. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. Vol.4.No.1.

Liliweri, Alo. (1994). Persepsi Teoritis. Bandung: Cipta Adityta Bakti.

Nizam. 2020. Buku Panduan Penyelenggaraan Semester Gasal 2020/2021 Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Ruswandi. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.513-524.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id