Media Quizizz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Arif Ainur Rofiq, Afifah Anjaina, Romdloni Romdloni, Nur Ulwiyah

Abstract


Adanya virus covid-19 memicu keresahan bagi masyarakat terutama pada sektor pendidikan. Selama masa pandemic covid-19 kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga menyebabkan kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Beruntungnya, di era industri 4.0 teknologi berkembang semakin pesat maka guru juga diharapkan mengikuti perubahan teknologi yang ada. Dengan begitu guru juga mulai menginovasi pembelajaran dengan melibatkan teknologi. Meskipun guru memiliki potensi yang tidak diragukan lagi namun perlu adanya penyangga guna memaksimalkan potensi inovasi kegiatan pembelajaran agar terhindar dari kejenuhan. Keikutsertaan peran media pembelajaran dalam mengatasi kejenuhan siswa sangat dianggap esensial, salah satunya dengan pengaplikasian media quizizz dalam pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaplikasian media quiziz dalam mengatasi kejenuhan siswa dalam pembelajran daring di masa pandemi covid-19. Sedangkan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara terstruktur dan students perception. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa Pertama, media pembelajaran quizizz merupakan media yang cocok ketika diterapkan dalam pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang. Kedua, pengaplikasian media quizizz dalam pembelajaran daring menjadikan permasalahan kejenuhan siswa teratasi dan menjadikan kegiatan pembelajaran lebih efektif, efisien dan menyenagkan

Keywords


media pembelajaran daring; quizizz; kejenuhan; covid-19

Full Text:

PDF

References


Almutairi, B. A., Alraggad, M. A., & Khasawneh, M. (2020). The impact of Servant Leadership on Organizational Trust: The Mediating Role of Organizational Culture. European Scientific Journal ESJ, 16(16), 1–10. https://doi.org/10.19044/esj.2020.v16n16p49

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.

Dewi, R. P., Yosef, & Harlina. (2017). Hubungan Antara Academic Self-Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Smk Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Irwan, Soehartono, Metodologi Penelitian Sosial. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008) 35

Khaira, N. A. (2018). Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Pencerahan, 4(1), 13–30.

Lam, N., Muravez, S. N., & Boyce, R. W. (2015). A comparison of the Indian Health Service counseling technique with traditional, lecture-style counseling. In Journal of the American Pharmacists Association (Vol. 55, Issue 5). https://doi.org/10.1331/JAPhA.2015.14093

Nurdin, I. R. (2017). Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Massive Open Online Course (Mooc) Di Universitas Ciputra Enterpreunership Online (UCEO). Tugas Akhir, 79. http://lib.unnes.ac.id/31063/1/1102412096.pdf

Pratiwi, W. I. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaanpembelajaran Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. Jp3Sdm, 9(2), 30–46.

Priyanti, N. W. I., Santosa, M. H., & Dewi, K. S. (2019). Effect of Quizizz Towards the Eleventh-Grade English Students’ Reading Comprehension in Mobile Learning Context. Language and Education Journal Undiksha, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.23887/leju.v2i2.20323

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). Urgensi Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Wilayah II Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. Prosiding TEP & PDs, 2(3), 147–157.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rohman, Moh Agus. Kejenuhan Belajar Pada Siswa Di Sekolah Dasar Full Day School (Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2018) 13

Sari, D. P., Putra, R. W. Y., & Syazali, M. (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63–72.

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019 ISBN, 167–173.

Suwarsono, S. (2016). Pengantar Penelitian Kualitatif. Hari Studi Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, 1–8. https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/s2_pen_matematika/f1l3/etnomatematika/Pengantar Penelitian Kualitatif - Prof. Dr. St. Suwarsono.pdf

Warsita, B. (2011). Landasan Teori dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 15(1), 84–96. http://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/Teknodik/article/view/64

Yaumi, M. (2017). RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.101-112.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id