Pengaruh Supervisi dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan Rumbai Pesisir

Teddy Okto Prahara, Iqbal Miftakhul Mujtahid, Tita Rosita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi dan peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang bersumber dari guru. Data dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi dan Peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir, dimana Fhitung (61,101) > Ftabel (1,654). Berdasarkan koofisien determinasi (R Square) = 0.441 atau 44,1%. Besar pengaruh supervisi dan peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir sebesar 44,1% berada pada tingkat sedang. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara peran supervisi  terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir, dimana Fhitung (6,173) > Ftabel (1,654). Berdasarkan koofisien determinasi (R Square) = 0.440 atau 44%. Besar pengaruh supervisi dan peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir sebesar 44% berada pada tingkat sedang. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Rumbai Pesisir, dimana Fhitung (5,417) > Ftabel (1,654). Berdasarkan koofisien determinasi (R Square) = 0.403 atau 40,3%. Besar pengaruh supervisi dan peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir sebesar 40,3% berada pada tingkat sedang.  Kesimpulan dari penelitian ini bahwa supervisi dan peran kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir.

Keywords


Kinerja mengajar guru, Supervisi, Peran Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Aprida, Yopi, Happy Fitria, and Nurkhalis. 2020. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru.” Journal of Education Research 1 (2): 160–64.

Ekosiswoyo, Rasdi. 2016. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan.” Jurnal Ilmu Pendidikan 14 (2): 76–82. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/24/322.

Fitrah, Muh. 2017. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Penjaminan Mutu 3 (1): 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90.

Lastriyani, Indri, and Endang Herawan. 2013. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru.” Jurnal Adminisistrasi Pendidikan Vol.XVII Vol.XVII N (1): 96–106.

Martinis Yamin, Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2014. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rismawan, Edi. 2015. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru,” no. 1: 114–32.

Sarifudin. 2019. “Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Kota Bogor” 02 (01).

Sayiful Mustofa, Jasmani Asf. 2013. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Setiadi, T. 2013. Pengaruh Kepala Sekolah Sebagai Pendidik, Manager, Motivator, Dan Supervisor Terhadap Kinerja Guru Di SMK Piri 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, UNY.

Solehan. 2014. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Alliyah Negeri Muara Enim,” 1–15

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhardan, D. 2010. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Pt. Refika Aditama.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widodo, Heri. 2016. “Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea).” Cendekia: Journal of Education and Society 13 (2): 293. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.75-86.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id