Meningkatkan Perilaku Disiplin Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Layanan Bimbingan Kelompok WA Group Di SMP Negeri 3 Telaga

Magdalena Maunti

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana upaya guru Meningkatkan perilaku disiplin peserta didik dalam pembelajaran daring melalui layanan bimbingan kelompok WA group di SMP Negeri 3 Telaga. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya guru meningkatkan perilaku disiplin peserta didik dalam pembelajaran daring melalui layanan bimbingan kelompok WA group di SMP Negeri 3 Telaga. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan disiplin peserta didik dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh analisis evaluasi peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus I sebanyak 11 orang dari 20 orang peserta didik memperoleh nilai 70 ke atas (55,00 %) dan sebanyak 9 orang peserta didik (45,00 %) memperoleh nilai 69 ke bawah. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 20 orang peserta didik yang diteliti, sebanyak 17 orang siswa (85,00 %) memperoleh nilai 70 ke atas (KKM = 70) dan dianggap tuntas. Dengan demikian, hal ini sudah membuktikan hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu jika digunakan melalui layanan bimbingan kelompok WA group di SMP Negeri 3 Telaga maka perilaku disiplin peserta didik dalam pembelajaran daring akan meningkat dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Keywords


Disiplin pada Pembelajaran Daring; layanan Bimbingan Kelompok WA Group

Full Text:

PDF

References


Djamaludin. 2003. Outbound Management Training. Yogyakarta: UII Press. Arikunto,

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

---------,. 2004. Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri

Padang. Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prijodarminto, Sugeng. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Samsudin. 1995. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Surakarta: PT Tiga Serangkai Mandiri.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo. Winkel. 1997. Bimbingan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1417-1426.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id