Meminimalisir Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru

Fauziah Soleman

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini Apakah Bimbingan Klasikal dapat meminimalisir Bahaya Bullying pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru?. Adapun tujuan penelitian ini Untuk Meminimalisir Bahaya Bullying pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru melalui Bimbingan Klasikal. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan perilaku baik siswa dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh analisis perilaku siswa pada setiap siklus. Pada siklus I Dari 26 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 18 orang siswa yang yang memperoleh nilai 75 keatas (perilaku baik) atau sebanyak 69,2%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 26 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas (Perilaku baik) berjumlah 25 orang atau 96%. Simpulan dari Penelitian ini adalah bimbingan klasikal ternyata dapat Meminimalisir Bahaya Bullying pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru.

Keywords


Bimbingan klasikal; Bahaya Bullying

Full Text:

PDF

References


Ainur Rosdah. 2014. Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiever, Jurnal Fokus Konseling STKIP Muhammadiyah Pringsewu.

Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam Bullying. Jakarta: PT Grasindo.

B, Coloroso. Penindas, Tertindas, Dan Penonton. 2004. Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Pra Sekolah Hingga SMU. Jakarta: Serambi

Priyatna, Andi. 2010. Let’s End Bullying (Memahami, Mencegah & Mengatasi Bullying. Jakarta: Grasindo

Ponny Retno Astuti. 2008. Meredam Bullying. Jakarta: PT Grasindo

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Saiful Umam. 2014. Penggunaan Teknik Modelling Dalam Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa, Jurnal Bimbingan Konseling UPI 1, no. 1

Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002

Yusuf, Syamsu. 2006. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung : Pustaka Bani Quraisy




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1407-1416.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id