Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Menulis Melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah Gorontalo

Elly Mustapa

Abstract


Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan menulis di Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah. Disamping itu, yang menjadi tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan menulis melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah. Metode yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada observasi. Pada siklus I secara klasikal terdapat 14 orang siswa atau 70% mampu bercerita dan menulis. Pada siklus II kemampuan siswa bercerita dan menulis sebesar terdapat 16 orang atau 80%. Sehingga disimpulkan bahwa ”Dengan menggunakan metode karya wisata maka kemampuan bercerita dan menulis pada siswa Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah meningkat”, dengan demikian hipotesis penelitian tindakan ini dapat diterima.

Keywords


Kemampuan Siswa, Metode Karya Wisata

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rofi’udin 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Tinggi. Malang: UNMR.

Bachtiar S Bachir.2005.Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta : Depdikbud

Badrun. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: Pusat Studi Literasi

Djamarah, Syaiful Bahri. 2007. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta:Unika Atma Jaya

Kusnendi, Dedi. 2002. Pembelajaran Mendongeng. Jakarta : Gerbang

Moeslichatoen, 2006. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional. Bandung : Remaja Rosda.

Munandar, Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta : Grasindo Bandung.

Musfiroh, Tadkiroatun.2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Partiwi. Siti 2005. Fasilitator (Guru mendongeng anak terkesima).Jakarta. Fasiltator press

Puji Santoso, dkk. 2010. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Puspita. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta. Depdiknas.

Qonita Alya. 2009. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta. Indah Jaya

Roestiyah, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Suparno. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT

Syafi’ie, I. 2008. Retorika dalam Menulis. Edisi Revisi. Jakarta: Depdikbud.

Uzer Usman Moh. 2005. Menjadi guru Profesional, Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1387-1394.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id