Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Kadir. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2012.
Abdullah Muhammad Abdul Muthi. Anakku, Ayah & Bunda Sayang Kamu!
Surabaya: Pustaka Yasir, 2015.
Abu Ahmadi, dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Adang Hambali, dan Ujam Jaenudin. Psikologi Kepribadian Lanjutan: Studio atas Teori dan Tokoh Psikologi Kepribadian). Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Anas Salahudin. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Desmita. Psikologi Perkembangan. VI. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2010.
Diana Sari. “Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa.” Jurnal bimbingan dan Konseling Indonesia: Teori dan Aplikasi 5 (November 2017).
Dimyati, dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013. Dindin Jamaluddin. Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka
Setia, 2013.
Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Pendidikan. VIII. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Haris Herdiansyah. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Hening Hangesty Anurraga. “Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang).” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (2019).
Hero, Hermus, dan Maria Ermalinda Sni. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan MotivasiBelajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2018): 11.
Ignatius Sulistyo. “Peningkatan Motivasi Belajar dengan menerapkann Model Pembelajaran Kooperatif TGT Pada Pelajaran PKN.” Jurnal Studi sosial 4, no. 1 (2016).
Ihsana El Khuluqo. Belajar dan Pembelajaran: Konsep dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Jalaluddin. Psikolog Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: Rajawali Press, 2012.
———. Psikologi Agama: Memahami Peilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip- Prinsip Psikologi. XVII. Jakarta: Rajawali Press, 2015.
Juliansyah Noor. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2011.
Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2015.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Maman Sutarman, dan Asih. Manajemen Pendidikan Usia Dini: Filosofi, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia, 2016.
Mangun Budiyanto. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ombak, 2013.
Morrisan, Andy Corry W, dan Farid Hamid. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pernada Media Grub, 2012.
Musfiqon. Panduan Lengkap Metodoogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.
Nanang Hanafiah, dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Nanang Martono. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Ngainun Naim. Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Purwanto. “Motivasi Belajar dalam Pendidikan Islam.” Jurnal At-Tajdid 2, no. 2 (Juli 2013).
Rina Werdayanti. Nilai Boleh Biasa Mental Harus Juara. Yogyakarta: Istana Media, 2015.
Rumbewas, Selfia S, Beatus M Laka, dan Naftali Meokbun. “Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi.” Jurnal EduMatSains 2, no. 2 (2018): 12.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Sarlito Wirawan Sarwono. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Sri Lestari. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana, 2012.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sudarwan Danim. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2011. Sunadi, Lukman. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 1, no. 3 (2013).
Suprihatin, Siti. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 3, no. 1 (30 Mei 2015). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144.
Thomas Lickona. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
———. Persoalan Karakter: Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Yaswirman. Hukum Keluarga: Karakteristik dan Prospek Dokrin Islam dan Adat dalam Masyarakat Matrilineal Minagkabau. II. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Zakiah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Zuhairi, Ida Umami, dkk. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Press, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1375-1386.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id