Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau

Mulyadi Mulyadi, Abdul Syahid, Kafrawi Kafrawi, M. Ilyas, Fahrina Yustiasari Liriwati

Abstract


Orang tua merupakan madrasah awal dan utama bagi anak-anak. Tanpa orang tua anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Dibutuhkan bimbingan dan pengawasan yang teratur karena kehidupan anak merupakan tanggung jawab orang tua. Adanya kebijakan stay at home dengan melakukan kerja, ibadah, dan belajar di rumah yang diambil oleh pemerintah, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19. Hal ini mengharuskan anak-anak usia sekolah belajar di rumah, disadari atau tidak telah mengembalikan tugas dan tanggung jawab orang tua dalam melakukan pendidikan bagi anak-anaknya. Berdasarkan penelitian tentang peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak ditengah pandemi covid-19yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi bahwa peran yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di tengah pandemi covid -19 yaitu orang tua sebagai panutan, orang tua sebagai fasilitator anak, dan orang tua sebagai motivator anak, adapun bentuk motivator yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak adalah perhatian, hadiah, penghargaan, pujian, dan hukuman. Berdasarkan analisis data yang disimpulkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di tengah pandemi covid- 19 adalah baik. Hal ini bisa dilihat dari wawancara dan observasi bahwa peran orang tua sudah direalisasikan secara baik oleh orang tua di Kelurahan Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau.

Keywords


Orang Tua, Motivasi Belajar, Anak, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2012.

Abdullah Muhammad Abdul Muthi. Anakku, Ayah & Bunda Sayang Kamu!

Surabaya: Pustaka Yasir, 2015.

Abu Ahmadi, dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Adang Hambali, dan Ujam Jaenudin. Psikologi Kepribadian Lanjutan: Studio atas Teori dan Tokoh Psikologi Kepribadian). Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Anas Salahudin. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Desmita. Psikologi Perkembangan. VI. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2010.

Diana Sari. “Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa.” Jurnal bimbingan dan Konseling Indonesia: Teori dan Aplikasi 5 (November 2017).

Dimyati, dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013. Dindin Jamaluddin. Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka

Setia, 2013.

Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Pendidikan. VIII. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Haris Herdiansyah. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Hening Hangesty Anurraga. “Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang).” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (2019).

Hero, Hermus, dan Maria Ermalinda Sni. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan MotivasiBelajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2018): 11.

Ignatius Sulistyo. “Peningkatan Motivasi Belajar dengan menerapkann Model Pembelajaran Kooperatif TGT Pada Pelajaran PKN.” Jurnal Studi sosial 4, no. 1 (2016).

Ihsana El Khuluqo. Belajar dan Pembelajaran: Konsep dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Jalaluddin. Psikolog Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

———. Psikologi Agama: Memahami Peilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip- Prinsip Psikologi. XVII. Jakarta: Rajawali Press, 2015.

Juliansyah Noor. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2011.

Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2015.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Maman Sutarman, dan Asih. Manajemen Pendidikan Usia Dini: Filosofi, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Mangun Budiyanto. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ombak, 2013.

Morrisan, Andy Corry W, dan Farid Hamid. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pernada Media Grub, 2012.

Musfiqon. Panduan Lengkap Metodoogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.

Nanang Hanafiah, dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2012.

Nanang Martono. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Ngainun Naim. Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Purwanto. “Motivasi Belajar dalam Pendidikan Islam.” Jurnal At-Tajdid 2, no. 2 (Juli 2013).

Rina Werdayanti. Nilai Boleh Biasa Mental Harus Juara. Yogyakarta: Istana Media, 2015.

Rumbewas, Selfia S, Beatus M Laka, dan Naftali Meokbun. “Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi.” Jurnal EduMatSains 2, no. 2 (2018): 12.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Sarlito Wirawan Sarwono. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Sri Lestari. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana, 2012.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sudarwan Danim. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2011. Sunadi, Lukman. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar

Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 1, no. 3 (2013).

Suprihatin, Siti. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 3, no. 1 (30 Mei 2015). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144.

Thomas Lickona. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

———. Persoalan Karakter: Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Yaswirman. Hukum Keluarga: Karakteristik dan Prospek Dokrin Islam dan Adat dalam Masyarakat Matrilineal Minagkabau. II. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Zakiah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Zuhairi, Ida Umami, dkk. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Press, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1375-1386.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id