Evaluation of the Effect Of Use Smartphone On Student Learning Motivation Covid-19 Pandemic Time

Hasia Marto

Abstract


Wabah pandemi COVID-19 yang menimbulkan masalah dalam kehidupan masyarakat. Antara lain di bidang pendidikan yang mengakibatkan proses belajar mengajar dilaksanakan dari rumah dengan menggunakan smartphone, sehingga motivasi belajar siswa menurun. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil evaluasi pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa masa pandemi COVID-19. Merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Jumlah populasi 748 orang. Pengambilan sampel melalui Simple Random Sampling dengan 30 responden, analisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan regresi linear sederhana. Hasil evaluasi menunjukkan, ada pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi COVID-19. Nilai thitung 3,336, ttabel 2,048 artinya thitung > ttabel kesimpulan H0 ditolak dan H1 dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa, karena penggunaan smartphone mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 28,4% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Disimpulkan penggunaan smartphone memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. disarankan sekolah memberikan pelatihan kepada siswa terkait penggunaan smartphone.

Keywords


smartphone, motivasi, pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Andreas Aldo & HP. Sunardi. 2016. Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gesit Nusa Tangguh. Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(1), 1-11.

Hamdi, Asep Saepul & E.Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mustafa,dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Putria,dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 861-872.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sobon, Kosmas & Mangundap, Jelvi M. 2019. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(2), 92-101.

Sari,dkk. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama COVID-19. Ilmiah Pendidikan, 2(1), 9-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1359-1364.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id