Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus IV Tampan Pekanbaru

Seniwati Seniwati, Sudarno Sudarno, Rini Fatmasari

Abstract


Kinerja guru Sekolah Dasar Negeri gugus IV Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru masih relatif rendah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kepemimpinan, iklim organisasi, motivasi dan kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru, iklim organisasi terhadap kinerja guru, motivasi terhadap kinerja guru dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 65 responden yang ditentukan berdasarkan Teknik sampling total. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemimpinan, iklim organisasi, motivasi, dan kepuasan kerja sedangkan variabel dependen adalah kinerja guru. Pengukuran variabel menggunakan skala Likert yang diisi berdasarkan presepsi guru. Analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan pengujian, model dinyatakan memenuhi asumsi klasik dan uji kelayakan model, dan diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -0,036 + 0,257X1 + 0,019X2 + 0,106X3 + 0,290X4.Hasil analisa secara parsial menunjukkan bahwa kepemimpinan, iklim organisasi, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan motivasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan seluruh variable independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 76,4%. Sisanya 23,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


Keywords


Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, R.I. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Englasari, (2017). Pengaruh kemampuan manajerial dan lingkungan serta motivasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Musi Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 127-139.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan, Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, vol. 1, No. 2, 215-240.

Fataati, M. A., Tobing, D. S. & Hana, S. W. (2019). Pengaruh kepuasan kerja, dukungan organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK swasta di Kecamatan Sumbersari. Jurnal Ekonomi. Vol. 13, No. 2, 271-294.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Anlisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Han, J. & Yin, H. (2016). Teacher motivation: definition, research development and implications for teachers. Cogent Education, vol. 3, No.1,1-18. https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1217819

Husna, R. N. (2019). Pengaruh kepemimpinan, iklim organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di yayasan Al-Huda. Jurnal Eko dan Bisnis, Vol. 10, No. 2, 273-278.

Irawati, Sudarno, & Komardi, D. (2019). Effect of Work Motivation, Organizational Culture on Work Satisfaction and Performance of Teachers in Public Junior High School Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 210–221.

Kamdron, T. (2015). Work motivation: Relationships with job satisfaction, locus of control and motivation orientation. International Journal of Liberal Arts and Social Science, 3(6), 125–148. Retrieved from https: //pdfs.semanticscholar.org/846c/9ad06718dc9f87da9269642808d3baa8d171.pdf

Kamuli, S. (2012). Pengaruh iklim organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai Sekretariat Daerah Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, 9(1), 1–8.

Maeni, M. (2018). Hubungan antara motivasi berprestasi dan kepuasan kerja dengan kinerja guru Sekolah Dasar di gugus 4 Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak. Jakarta: Tugas Akhir Program Magister, Magister Pendidikan Dasar Universitas Terbuka.

Markonah, S. & Sunarto. (2018). Pengaruh Motivasi dan kompetensi terhadap kinerja guru dimediasi komitmen organisasional (studi kasus di SMAN 1 Jakenan Pati). Mahasiswa Pasca Sarjana Stikubank, 1(1), 1–8.

Muizu, W. O. Z., Kaltum, U. & Sule, E. T. (2019). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Perwira. Vol.2, No.1, 62-78.

Mulyasa (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwaningrum, H. E. & Sudirjo, F. (2016). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja (Studi pada Guru SD. Hj Isriati Baiturrahman I Semarang). Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 5(1), 1–14.

Putra, R., Ernila, Komardi, D. & Suyono. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru pada SMKN 4 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(4), 470–483.

Qodriah, S. L. & Muhsin. A. (2019. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja pasca promosi (studi kasus di Kabupaten Cirebon). Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume XIV, No. 1, 184–192.

Raziq, A. & Maulabakhsh, R. (2015). Impact of working environment on job satisfaction. Procedia Economics and Finance, 717–725. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00524-9

Risamasu, J. H. (2017). Implementasi dimensi kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri I Obaa Kabupaten Mappi. MAPENDIK–Magister Manajemen Pendidikan Uncen, 04(01), 137–151.

Saragih, M. R. (2015). Pengaruh budaya organisasi, kompetensi guru dan motivasi terhadap kinerja guru SDN Joglo 05 Pagi Jakarta. Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 45–59.

Shabbir, M. & Wei, S. (2015). Job satisfaction variance among public and private school teachers, case of Pakistan Administrative Kashmir. Mediterranean. Journal of Social Sciences, 6(4S1), 574–583. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n4s1p574

Steinberg, M. P. & Garrett, R. (2015). Classroom composition and measured teacher performance: What do teacher observation scores really measure? Educational Evaluation and Policy Analysis, 38(2), 293–317. https://doi.org/10.3102/0162373715616249

Suwantono, A., Indrawati, M. & Hidayat. (2019). Analisis kompetensi guru dan iklim organisasi terhadap kinerja guru melalui semangat kerja di SMK Negeri 2 Bojonegoro. e- Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 670-685.

Wardoyo, T. (2018). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SDN Gembangan kecamatan Sentolo Kulon Progo. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 194–205.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.31-42.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id