Peningkatan Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV di SLB Negeri Kota Gorontalo

Rita Kadir

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untk mengetahui peningkatan perbendaharaan kata
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia anak tunarungu pada siswa kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo semester II Tahun Pelajaran 2019/2020, yang diperoleh melalui penggunaan media variasi gambar. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah 1. Anak Tunarungu SLB Negeri Kota Gorontalo mengalami kesulitan pada pelajaran Bahasa Indonesia dalam hal memahami kata, 2.anak Tunarungu kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo mengalami kesulitan menyusun kalimat dikarenakan miskinnya bahasa, 3. Anak Tunarungu kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo mengalami kesulitan pada pelajaran Bahasa Indonesia dalam hal bicara karena kurangnya Kosa kata yang dikuasainya, 4. Kurangnya media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk memperbanyak kosa kata, 5. Belum digunakan media “variasi gambar”dalam upaya meningkatkan perbendaharaan kata.ebut diatas, metode penelitian yang digunakan dalam rangka pengumpulan data menggunakan cara observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Tehnik analisis data secara diskriptif yaitu dengan membandingkan nilai antar
siklus yang dianalisis adalah tes siswa sebelum menggunakan media variasi gambar dan nilai tes siswa setelah menggunakan media variasi gambar.
Hasil penelitian menunjukan: 1. Melihat hasil kata dari studi awal angka
ketuntasan hanya 16,67% setelah diadakan perbaikan sampai nilai siklus I dan II
menunjukan adanya peningkatan yang signifikan dari angka ketuntasan siswa hingga mencapai 100%, 2. Terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang dapat dibaca pada lembar observasi. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi: “Penerapan Media Variasi Gambar dapat meningkatkan kosa kata pada siswa kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2019/2020” Terbukti kebenaranya. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media variasi gambar diharapkan lebih efektif untuk meningkatkan kosa kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo.


Keywords


Kosa kata pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Gambar, Siswa Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aristo Rahadi. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikdasmen.

Geniofam. 2010. Mengasuh dan Mensukses- kan Anak Berkebutuhan Khusus.

Yogyakarta: Gerailmu.

Ibrahim Bafadal. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru, Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada

Press.

Margono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan.

Jakarta: Rineka Cipta.

Mohammad Efendi. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Muhammad Ali. 2006. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Depdikbud dan Rineka Cipta.

Lani Bunawan dan Cicilia Susila Yuwati. 2000. Penguasaan Bahasa AnakTunarungu.

Jakarta. Yayasan Santri Rama.

Muhamad Efendi. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan, Jakarta. Bumi

Aksara.

Muh Bandi. 1997. Psykologi Anak Luar Biasa/ Berkelainan. Kota Gorontalo. UNS.

Munzayanah. 2000. Pendidikan Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2000. Media

Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo..

Rusli Ibrahim. 2005. Psikologi Pendidikan Jasmani Olah Raga PLB, Jakarta: Depdiknas.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).

Bandung: Citra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1185-1192.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id