Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas I SDN 5 Bulango Selatan

Amna Dunda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar melalui media gambar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN 5 Bulango Selatan yang berjumlah 22 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penilaian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan membaca lancar belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa sebesar 68,18% dan pada siklus II sebesar 86,36%. Hasil pengolahan data kemampuan membaca lancar pada siklus I dari 22 siswa hanya 3 siswa atau 13,6% yang mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan yaitu ada 15 siswa atau 68,18% yang mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II mencapai ketuntasan 86,36% yaitu siswa yang tuntas ada 19 dan yang belum tuntas hanya 3 anak. Peningkatan kemampuan membaca lancar Media gambar pada pembelajaran
Bahasa Indonesia kelas I dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Semoga media ini bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran bagi rekan-rekan guru.


Keywords


Peningkatan kemampuan membaca lancar, Media gambar

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2004). Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Faizalnizbah (2013). Pengertian membaca. Tersedia:

http://faizalnizbah.blogspot.sg/2013/08/pengertian-membaca.html [6 Januari 2014]

Haryanto, S.Pd (2012). Pengertian Media Pembelajaran. Tersedia:

http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/ [6 Januari 2014].

Hudaita (2009) Pembelajaran Membaca Permulaan Tersedia

http://hudaita.blogspot.com/2009/01/pembelajaran-membaca-permulaan

dengan.html/ (Diakses 05 Januari 2014)

Mbah Brata (2009). Pembelajaran membaca permulaan Tersedia: http://mbahbrataedu.

blogspot.com/2009/08/pembelajaran-membaca-permulaan-melalui.html/

(Diakses 05 Januari 2014)

Muhammad faiq (2013) . Instrumen untuk menilai media pembelajaran berbasis teks.

Tersedia :http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/10/contoh-instrumenuntuk-

menilai-media-pembelajaran-berbasis-teks.html [7 januari 2014]

Puji Santosa, dkk (2005). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia . Jakarta :

Universitas Terbuka

Slamet Hariadi (2013). Pengertian cara dan makna membaca Tersedia :

http://selamethariadi.com/pengertian-cara-dan-makna-membaca/ [6 Januari 2014]

Teguh Prasetyo (2009). Pembelajaran membaca dan membaca permulaan. Tersedia :

http://teguhs-atu.blogspot.com/2009/11/pembelajaran-membaca-danmembaca.

html [7 Januari 2014] http://gudangartikels.blogspot.com

/2011/08/pengertian-dan-tujuan-membaca-permulaan.html (Diakses Tanggal 10

Januari 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1179-1184.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id