Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman

Asma Asma

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Paguyaman tahun
pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi
penelitian wawancara. Dari penelitian ini ditemukan bahwa implementasi pembelajaran wudhu di SMK Negeri 2 Paguyaman termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukan oleh kemampuan guru dalam menjalankan peran dan fugsinya untuk mengelola pembelajaran. Khususnya implementasi pembelajaran wudhu.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan upaya meningkatkan
hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran demonstrsi pada implementasi pembelajaran wudhu, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran demonstrasi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil yang diperoleh berdasarkan tindakan yang telah diberikan kepada siswa Kelas X SMK Negeri 2 Paguyaman. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai pre test siswa 67,8 meningkat menjadi 69,95 pada nilai post test tetapi
belum 100% siswa mencapai nilai KKM. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II lebih baik dari siklus I yaitu nilai rata-rata pre test siswa 76,55 menjadi 83,52pada nilai post test. Dan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sudah 100%.


Keywords


metode demonstrasi, hasil belajar siswa, PAI

Full Text:

PDF

References


Abd.Rozak, dkk, Kompilasi Undang-Undang dan Peraturan Bidang Pendidikan,

Jakarta: FITK PRESS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Syarif

Hidayatullah Jakarta, 2010.

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

------------------------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka

Cipta, 2006.

------------------------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka

Cipta, 2010.

------------------------, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992

Dimyati., dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineke Cipta, 2006

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Remaja

Rosdakarya, 2009.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembbeljaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Mardalis, Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Mihamzah, Karto, Wawancara awal dengan guru, 10-Januari-2015.

--------------, Risalah Tuntunan Shalat Lengkap, Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2006.

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.

Ritonga, Rahman., dan Zainudin, Fiqih Ibadah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997.

Sukmadinata, Saodih Nana, Metode Penelitian, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Sumaryani, Andri, Wawancara awal dengan guru, 08-Januari-2015.

Wiriatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Zahrah, Abu Muhammad, Ushul Fiqih, Jakarta: PT Pustaka Firdaus, Jakarta, 2011.

Zayadi, Ahmad., dan Madjid Abdul, Tadzkirah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1135-1142.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id