Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Supervisi (Pembinaan) Dengan Teknik Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Di SD Negeri 03 Popayato Barat

Selvi Pakaya

Abstract


Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus,dimana setiap siklusnya terdiri dari 4tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru di SD Negeri 03 Popayato Barat yang terdiri dari enam orang guru ASN dan 1 orang guru non ASN. Secara rinci perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yaitu nilai rata-rata observasi hasil kegiatan diskusi 79,43 di siklus I menjadi 85,14 di siklus II ada peningkatan 5,71. Kegiatan penyusunan skenario pembelajaran nilai rata-rata 74,29 di siklus I menjadi 85,71 di siklus II ada peningkatan 11,42. Dan kegiatan pembelajaran atau dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata 75,24 di sklus I menjadi 85,71 di siklus II, ada peningkatan 10,47 dalam berdiskusi pada siklus II.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa supervisi (pembinaan) melalui teknik diskusi kelompok kerja guru (KKG) dapat meningkatkan kreativitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi guru-guru di SD Negeri 03 Popayato Barat sangat efektif dilakukan.


Keywords


Kreativtas guru, Supervisi (pembinaan), Kelompok Kerja Guru (KKG)

Full Text:

PDF

References


Cece, Wijaya. 1992. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosda Karya.

Danim, S. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Dede, Rosyada. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.

Ibrahim, Bafadal. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta:

Bumi Aksara.

Mulyasa,E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pidarta, M. 1999. Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar: Seri Manajemen

Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Purwanto,M.Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Retno Indayani. 2002. Kreatifitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Tulungagung:

STAIN Tulungagung

Tabrani, Rusyan. 1993. Peningkatan Kemampuan Guru Pendidikan Dasar. Bandung:

Bina Budaya

Sahertian. 2000. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Reneke

Sutrisno. Hadi. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.865-876.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id