Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Supervisi (Pembinaan) Dengan Teknik Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Di SD Negeri 03 Popayato Barat
Abstract
Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus,dimana setiap siklusnya terdiri dari 4tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru di SD Negeri 03 Popayato Barat yang terdiri dari enam orang guru ASN dan 1 orang guru non ASN. Secara rinci perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yaitu nilai rata-rata observasi hasil kegiatan diskusi 79,43 di siklus I menjadi 85,14 di siklus II ada peningkatan 5,71. Kegiatan penyusunan skenario pembelajaran nilai rata-rata 74,29 di siklus I menjadi 85,71 di siklus II ada peningkatan 11,42. Dan kegiatan pembelajaran atau dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata 75,24 di sklus I menjadi 85,71 di siklus II, ada peningkatan 10,47 dalam berdiskusi pada siklus II.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa supervisi (pembinaan) melalui teknik diskusi kelompok kerja guru (KKG) dapat meningkatkan kreativitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi guru-guru di SD Negeri 03 Popayato Barat sangat efektif dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cece, Wijaya. 1992. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosda Karya.
Danim, S. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia
Dede, Rosyada. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.
Ibrahim, Bafadal. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Mulyasa,E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pidarta, M. 1999. Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar: Seri Manajemen
Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Purwanto,M.Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Retno Indayani. 2002. Kreatifitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Tulungagung:
STAIN Tulungagung
Tabrani, Rusyan. 1993. Peningkatan Kemampuan Guru Pendidikan Dasar. Bandung:
Bina Budaya
Sahertian. 2000. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Reneke
Sutrisno. Hadi. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.865-876.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id