Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Discovery Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi

Mejlitha Kumendong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematikapada peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 wanggarasi yang berjumlah 16 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan metode discovery pada peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tesPenelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dikatakan berhasil apabila siswa kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi yang mencapai KKM minimal 75%. Pembelajaran menerapkan metode discovery dengan guru menempelkan gambar di papan tulis dalam menjelaskan materi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi pada mata pelajaran matematika. Pada pra tindakan persentase KKM peserta didik secara klasikal yaitu 25%. Pada siklus I persentase KKM peserta didik secara klasikal sebanyak 50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 25% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM peserta didik secara klasikal yaitu 87,50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 37,50% dari siklus I dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi secara klasikal adalah 75% .


Keywords


Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika di SD, Metode Discovery

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman dkk. (1996). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan

dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asri Budiningsih, C. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Burhan Mustaqim dan Ary Astuty. (2008). Ayo Belajar Matematika. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Ety Syarifah & Mukh Doyin. (2008). Teknik Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Bandungan Institute.

Johar Permana dan Mulyani Sumantri. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Latuheru. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud Proyek Pengembangan Lembaga PendidikanTenaga Kependidikan.

Mudjiono & Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana dan Achmad Rivai. (1997). Media Pengajaran. Bandung: CV.Sinar Baru.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Zainal Aqib, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.895-906.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id