Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca
permulaan melalui metode Scramble di kelas II SDN 3 Tibawa kabupaten
Gorontalo. Rumusan masalah yakni “apakah melalui metode Scrambledapat
meningkatkan kemampun siswa membaca permulaan di kelas II SDN 3
TibawaKabupaten Gorontalo? Berdasarkan hasil observasi awal siswa yang mampu
membaca permulaan yakni 14 siswa atau 41%, setelah penelitian siklus I
menunjukan bahwa siswa yang mampu berjumlah 24 siswa atau 72% hal tersebut
belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan sehingga dilakukan tindak lanjut
ke siklus II. Pada siklus II menunjukan adanya peningkatan, siswa yang mampu
menjadi 29 siswa atau 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode Scramble kemampuan siswa membaca permulaan di kelas
II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Bandar Lampung : Raja Grafindo Persada
Djamarah Bukhari dan Aswan Zain. (2006) Strtegi Belajar Mengajar.Jakarta: PT
Rineke Cipta
Maufar, Hasan Fauzi. 2009. Sejuta jurus mengajar mengasyikkan. Semarang:
Sindur Press.
Rahim, Farida. 2007. Pembelajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi
Aksara.
Soeparno.2010. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Online .http://www.
pustaka.ut.ac.id. Diakses 25 Maret 2017
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D).Bandung: Alfabeta
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Masmedia Buana
Pustaka
Tarigan, H.G. 2008.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung :
Angkas
Somadayo, Samsu. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta :
Graha Ilmu
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id