Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model
pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian
data kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini, menggunakan jenis kuantitatif.
Desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental tipe one group pretest posttest.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretest
dan posttest), observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Populasi dan sampel
penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 35.23 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,06. Uji t menggunakan taraf signifikan α = 0,05 yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 83.09 > 2.045, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV SD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awalludin, dkk. 2008. Statistika Pendidikan 2 SKS.
Badu, Syamsu Qamar. 2013. Panduan Karya Tulis Ilmiah.
Gunanto dan Adhalia, D. 2016. Matematika untuk SD/MI Kelas IV Kurikulum 2013
yang Disempurnakan. Gelora Aksara Pratama.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Model Pembelajaran Untuk
Peningkatan Profesionalits Guru. Cetakan 3. Kata Pena.
Prawira, A. Purwa. 2016. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Cetakan III.
Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Rahmat, Abdul. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.
Runtukahu, J. Tombokan dan Kandou Selpius.2016. Pembelajaran Matematika
Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Cetakan III. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
R&D). Cetakan 23. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Cetakan
III. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Edisi 5. Cetakan 18. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada.
Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Cetakan II.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tim Tentor Ahli. 2009. Buku Sakti Materi + Rumus 5 In 1 SD. Cetakan 2.
Yogyakarta: Kendi Mas Media.
Zein, Adi. 2007. Belajar Praktis Matematika SD/MI Kelas IV, V, VI. Semarang: CV. Aneka Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.685-712.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id