Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar
Abstract
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode
pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa
dalam pembelajaran IPS dikelas VIII B SMP Negeri 1 Buntulia. Hal tersebut
dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator minat belajar
siswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajar
siswa adalah 61%. Pada siklus II menjadi 80% atau mengalami peningkatan sebesar 19%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator minat belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. 2) Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 61,90% meningkat menjadi 82% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (70) telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Sujanto. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.
Rajawali Pers
Anas Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo
Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Bina
Aksara
Aris Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.
Yokyakarta: AR-ruz media
Bakar, Rosdiana. 2014. Pendidikan Suatu Pengantar. Medan: Citapustaka Media
Perintis
Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Haidir & Salim. 2014. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publshing
Huda, Miftahul, 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Iskandar Agung. 2014. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta:
Bestari Buana Murni.
Ngalim Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung : Rosdakarya.
Rosdiana A. Bakar. 2012. Pendidikan Suatu Pengantar, Medan: Cita Pustaka
Media Perintis
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Prineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru
Algensindo
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :
Alfabeta.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.507-522.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id