Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar

Fatrah Kaharu

Abstract


Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode
pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa
dalam pembelajaran IPS dikelas VIII B SMP Negeri 1 Buntulia. Hal tersebut
dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator minat belajar
siswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajar
siswa adalah 61%. Pada siklus II menjadi 80% atau mengalami peningkatan sebesar 19%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator minat belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. 2) Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 61,90% meningkat menjadi 82% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (70) telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%.


Keywords


Problem Based Learning, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Agus Sujanto. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.

Rajawali Pers

Anas Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo

Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Bina

Aksara

Aris Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Yokyakarta: AR-ruz media

Bakar, Rosdiana. 2014. Pendidikan Suatu Pengantar. Medan: Citapustaka Media

Perintis

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Haidir & Salim. 2014. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publshing

Huda, Miftahul, 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Iskandar Agung. 2014. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta:

Bestari Buana Murni.

Ngalim Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung : Rosdakarya.

Rosdiana A. Bakar. 2012. Pendidikan Suatu Pengantar, Medan: Cita Pustaka

Media Perintis

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Prineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru

Algensindo

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.507-522.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id