Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Aspek Writing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggirs aspek writing melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Buntulia yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan observasi guru dan pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggirs aspek writing di kelas VII B SMP Negeri 1 Buntulia melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping. Hasil tes pada silkus I, terdapat 16 siswa yang sudah tuntas hasil belajarnya (64%) dan yang tuntas belajar 9 siswa (36%). Kategori ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran secara klasikal adalah jika mencapai 80% sehingga ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I belum tercapai. Pada siklus II siswa tidak tuntas belajarnya adalah 3 siswa (12%) dari 25 siswa dan yang tuntas belajarnya adalah 22 siswa (88%). Hal ini berarti ketuntasan klsikal sudah
tercapai Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran mind mapping sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggirs aspek writing
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineke Cipta
Bobbi Deporter dkk. 2004. Quantum Teaching. Bandung: Mizan Puataka
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas
Dimyati , Mudjion. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta
Dyah Retno. 2011. Cara Instan Melatih Daya Ingat. Jakarta: Agogos Publishing
Echols, John dan Hasan Shadily. 2003. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama
Jamil, Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.
Jogjakarta: Ar - Ruzz Media
M. Junaidi Ghony. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN Malang Press
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Rasdakarya
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta
Sugiarto, lwan. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik
dan Kreatif. Jakarta: Gramedia
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.
Yogyakarta : AR-RUZ MEDIA
Tony Buzan. 2006. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.491-506.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id