Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Aspek Writing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Yulyanti Abdullah Luawo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggirs aspek writing melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Buntulia yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan observasi guru dan pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggirs aspek writing di kelas VII B SMP Negeri 1 Buntulia melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping. Hasil tes pada silkus I, terdapat 16 siswa yang sudah tuntas hasil belajarnya (64%) dan yang tuntas belajar 9 siswa (36%). Kategori ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran secara klasikal adalah jika mencapai 80% sehingga ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I belum tercapai. Pada siklus II siswa tidak tuntas belajarnya adalah 3 siswa (12%) dari 25 siswa dan yang tuntas belajarnya adalah 22 siswa (88%). Hal ini berarti ketuntasan klsikal sudah
tercapai Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran mind mapping sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggirs aspek writing


Keywords


Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineke Cipta

Bobbi Deporter dkk. 2004. Quantum Teaching. Bandung: Mizan Puataka

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas

Dimyati , Mudjion. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta

Dyah Retno. 2011. Cara Instan Melatih Daya Ingat. Jakarta: Agogos Publishing

Echols, John dan Hasan Shadily. 2003. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama

Jamil, Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.

Jogjakarta: Ar - Ruzz Media

M. Junaidi Ghony. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN Malang Press

Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Rasdakarya

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta

Sugiarto, lwan. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik

dan Kreatif. Jakarta: Gramedia

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.

Yogyakarta : AR-RUZ MEDIA

Tony Buzan. 2006. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.491-506.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id