Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SD Negeri 05 Popayato Barat Gorontalo

Alce Mada

Abstract


Dalam pelaksanaan pembelajaran seringkali guru dihadapkan dengan berbagai
permasalahan. Masalah yang paling utama adalah masalah pembelajaran,
dimana perolehan hasil belajar siswa di akhir pembelajaran tidak sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang telah direncanakan di awal pembelajaran. Ttujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan kompetensi
guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri
05 Popayato Barat melalui pelaksanaan bimbingan berkelanjutan. Penelitian
ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research), yaitu
sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti dan guru, dalam
meningkatkan kemampuan guru agar menjadi lebih baik dalam menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran. Yang menjadi subjek penelitian tindakan
sekolah ini adalah guru-guru di SDN 05 Popayato Barat yang berjumlah 5
Guru. Pada data awal rata – rata komponen RPP hanya mencapai 55,36%
(kurang baik), pada siklus I terjadi peningkatan 21,43% sehingga nilai rata-rata
komponen RPP telah mencapai 76,79% (Baik). Sedangkan pada siklus II nilai
rata-rata komponen RPP menjadi 91,07% (sangat baik), hal ini berarti telah
terjadi peningkatan sebesar 14,28% dari siklus I. Hal ini dirasa sudah cukup
memuaskan karena kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sudah tercapai
yaitu persentase kenaikan skor kompetensi guru dalam merancang RPP dan
melaksanakan pembelajaran mencapai 80%


Keywords


Kompetensi Guru, RPP, Bimbingan Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta : Depdiknas.

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar

Proses. Jakarta : Depdiknas.

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 12 Tahun 2007b tentang Standar

Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarata : Depdiknas

Imron, Ali. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta

: Bumi Aksara

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu

Mudah. Jakarta : Bumi Aksara

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 16 Tahun 2007 Tentang Standar

Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru

Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan

Dasar Dan Pendidikan Menengah

Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya

Syaiful, Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sudarsono, Fx. 2001. Aplikasi Tindakan Kelas. Jakarta: DIKTI.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.475-490.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id