Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SD Negeri 05 Popayato Barat Gorontalo
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran seringkali guru dihadapkan dengan berbagai
permasalahan. Masalah yang paling utama adalah masalah pembelajaran,
dimana perolehan hasil belajar siswa di akhir pembelajaran tidak sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang telah direncanakan di awal pembelajaran. Ttujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan kompetensi
guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri
05 Popayato Barat melalui pelaksanaan bimbingan berkelanjutan. Penelitian
ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research), yaitu
sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti dan guru, dalam
meningkatkan kemampuan guru agar menjadi lebih baik dalam menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran. Yang menjadi subjek penelitian tindakan
sekolah ini adalah guru-guru di SDN 05 Popayato Barat yang berjumlah 5
Guru. Pada data awal rata – rata komponen RPP hanya mencapai 55,36%
(kurang baik), pada siklus I terjadi peningkatan 21,43% sehingga nilai rata-rata
komponen RPP telah mencapai 76,79% (Baik). Sedangkan pada siklus II nilai
rata-rata komponen RPP menjadi 91,07% (sangat baik), hal ini berarti telah
terjadi peningkatan sebesar 14,28% dari siklus I. Hal ini dirasa sudah cukup
memuaskan karena kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sudah tercapai
yaitu persentase kenaikan skor kompetensi guru dalam merancang RPP dan
melaksanakan pembelajaran mencapai 80%
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta : Depdiknas.
-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar
Proses. Jakarta : Depdiknas.
-------------. 2007. Permendiknas RI No. 12 Tahun 2007b tentang Standar
Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarata : Depdiknas
Imron, Ali. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta
: Bumi Aksara
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu
Mudah. Jakarta : Bumi Aksara
Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 16 Tahun 2007 Tentang Standar
Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru
Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan
Dasar Dan Pendidikan Menengah
Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya
Syaiful, Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sudarsono, Fx. 2001. Aplikasi Tindakan Kelas. Jakarta: DIKTI.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.475-490.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id