Hambatan Guru Olahraga Menulis Karya Tulis Ilmiah Di Lingkungan JSIT Wilayah Bengkulu

Juwita Juwita, Dian Ramadan Lazuardi, Diah Selviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru olahraga menulis karya
tulis ilmiah di lingkungan JSIT Bengkulu. 76% responden mempunyai hambatan
menyuusn KTI, 96% responden mempunyai hambatan kurangnya motivasi. 68%
responden mempunyai cara menghadapi permasalahan tersebut dengan mengingat
pentingnya menyusun KTI. 56% responden mempunyai hambatan luar diri dengan
tidak ada pendamping pada menulis KTI. 76% responden mempunyai cara
mengatasi dengan mencari informasi dari internet. 96% responden menyadari
hambatan dari dalam dan luar diri. 96% responden mengetahui dampak pada
peningkatan penyusunan KTI. 80% responden menyadari hal yang belum dilakukan
dalam menghadapi hambatan menulis KTI. 60% responden mengikuti latihan
penyusunan KTI sudah efektif.


Keywords


Hambatan Guru Olahraga, Menulis KTI

Full Text:

PDF

References


Darmono,&M.Hasan,A.(2002).MenyelesaikanSkripsiDalamSatuSemester.InDarm

ono, &A.M.Hasan,MenyelesaikanSkripsiDalamSatuSemester(pp.1-

.Jakarta:PT Grasindo.

Darwis,S.Kp,&Danim,P.(2003).MetodePenelitianKebidananProsedurKebijakanD

anEtik.

InDarwis,S.Kp,&P.Danim,MetodePenelitianKebidananProsedurKebijakan

Dan Etik(pp.1-72).Jakarta:BukuKedokteranEGC.

Gulo,W.(2002).MetedeologiPenelitian.InW.Gulo,MetedeologiPenelitian(pp.1-

. Jakarta:GramediaWidiasaranaIndonesia.

Kurniadi,F.(2017).Penulisan KaryaTulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media

Aplikasi Pengolahan Data. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia,1(2),267-277.K Masiani – Jurnal Pari, 2020 – ejournalbalitbang.

kkp.go.id

Kuntarto, Niknik M dan Putranto Hendar.Menulis Karya Ilmiah Yogyakarta :

Indopublika Menurut Arikunto (2006;250) metode analisis deskriptif

Ndjoeroemana,Y.(2012).PengembanganModelInkuiriSosialYangDimodifikasiPad

a

PembelajaranMenulisKaryaIlmiah.JurnalPendidikanBahasaDanSastraIndo

nesia, 1(2),137-142.

Nugroho,H.(2011).CaraMudahMenjadiGuruPenulis.InH.Nugroho,CaraMudahMe

njadi GuruPenulis(pp.51-59).Semarang:PTDharaPrize

Vera Sardila, 2015. Jurnal Pemikiran Islam,Vol.40,No.2

Syaefullah,drg.M.Pd,P.(2015).PrinsipDasarPenyusunanDanPenulisanKaryaTulisIl

miah.

InP.Syaefullah,drg.M.Pd,PrinsipDasarPenyusunanDanPenulisanKaryaTuli

s Ilmiah(pp.1-125).Jakarta:PTGrasindo,anggotaikapi.

Sidiq,M.,&Bisri,M.I.(2016).Dasar-DasarMenulis.InM.Sidiq,&M.I.Bisri,Dasar-

Dasar MenulisDanPenerapannya(pp.1

.Malang:TunggalMandiriPublishing

Simarmata,J.(2019).KitaMenulis.InJ.Simarmata,SemuaBisaMenulisBuku(pp.1-

. Jakarta:YayasanKitaMenulis

Suhardi,D.(2012).PeranSMPBerbasisPesantrenSebagaiUpayaPenanamanPendidia

n KarakterKepadaGenerasiBangsa.JurnakPendidikanBerkarakter,2(3),316-

Sugiyono, 2002:62).(J.Supranto, 2001:80)

Sudjana,&Ibrahim.(1989).MetodePenelitianDeskriptif.InSujana,&Ibrahim,Metode

PenelitianDeskriptif(p.65).Jakarta:CinthiaMornisSartono.

Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Taniredja, Tukiran Dkk. 2016. Guru Yang Profesional. Bandung : Alfabeta

Prihartono,A.W.(2016).SuratKabar&KonvergensiMedia(StudiDeskriptifKualitatif

Model

Yulianingsih,D.,&Sultan.(2020).KlasifikasiKesalahanDanHambatanPenggunaanB

ahasa IndonesiaSebagaiAkademik.El-TsaqafahJurnalPBA,19(1),72-85

Zellatifany,C.M.,&Mudiyanto,B.(2018).

Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. JurnalDaikom,1(2),83-89.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.273-282.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id