Hambatan Guru Olahraga Menulis Karya Tulis Ilmiah Di Lingkungan JSIT Wilayah Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru olahraga menulis karya
tulis ilmiah di lingkungan JSIT Bengkulu. 76% responden mempunyai hambatan
menyuusn KTI, 96% responden mempunyai hambatan kurangnya motivasi. 68%
responden mempunyai cara menghadapi permasalahan tersebut dengan mengingat
pentingnya menyusun KTI. 56% responden mempunyai hambatan luar diri dengan
tidak ada pendamping pada menulis KTI. 76% responden mempunyai cara
mengatasi dengan mencari informasi dari internet. 96% responden menyadari
hambatan dari dalam dan luar diri. 96% responden mengetahui dampak pada
peningkatan penyusunan KTI. 80% responden menyadari hal yang belum dilakukan
dalam menghadapi hambatan menulis KTI. 60% responden mengikuti latihan
penyusunan KTI sudah efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmono,&M.Hasan,A.(2002).MenyelesaikanSkripsiDalamSatuSemester.InDarm
ono, &A.M.Hasan,MenyelesaikanSkripsiDalamSatuSemester(pp.1-
.Jakarta:PT Grasindo.
Darwis,S.Kp,&Danim,P.(2003).MetodePenelitianKebidananProsedurKebijakanD
anEtik.
InDarwis,S.Kp,&P.Danim,MetodePenelitianKebidananProsedurKebijakan
Dan Etik(pp.1-72).Jakarta:BukuKedokteranEGC.
Gulo,W.(2002).MetedeologiPenelitian.InW.Gulo,MetedeologiPenelitian(pp.1-
. Jakarta:GramediaWidiasaranaIndonesia.
Kurniadi,F.(2017).Penulisan KaryaTulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media
Aplikasi Pengolahan Data. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia,1(2),267-277.K Masiani – Jurnal Pari, 2020 – ejournalbalitbang.
kkp.go.id
Kuntarto, Niknik M dan Putranto Hendar.Menulis Karya Ilmiah Yogyakarta :
Indopublika Menurut Arikunto (2006;250) metode analisis deskriptif
Ndjoeroemana,Y.(2012).PengembanganModelInkuiriSosialYangDimodifikasiPad
a
PembelajaranMenulisKaryaIlmiah.JurnalPendidikanBahasaDanSastraIndo
nesia, 1(2),137-142.
Nugroho,H.(2011).CaraMudahMenjadiGuruPenulis.InH.Nugroho,CaraMudahMe
njadi GuruPenulis(pp.51-59).Semarang:PTDharaPrize
Vera Sardila, 2015. Jurnal Pemikiran Islam,Vol.40,No.2
Syaefullah,drg.M.Pd,P.(2015).PrinsipDasarPenyusunanDanPenulisanKaryaTulisIl
miah.
InP.Syaefullah,drg.M.Pd,PrinsipDasarPenyusunanDanPenulisanKaryaTuli
s Ilmiah(pp.1-125).Jakarta:PTGrasindo,anggotaikapi.
Sidiq,M.,&Bisri,M.I.(2016).Dasar-DasarMenulis.InM.Sidiq,&M.I.Bisri,Dasar-
Dasar MenulisDanPenerapannya(pp.1
.Malang:TunggalMandiriPublishing
Simarmata,J.(2019).KitaMenulis.InJ.Simarmata,SemuaBisaMenulisBuku(pp.1-
. Jakarta:YayasanKitaMenulis
Suhardi,D.(2012).PeranSMPBerbasisPesantrenSebagaiUpayaPenanamanPendidia
n KarakterKepadaGenerasiBangsa.JurnakPendidikanBerkarakter,2(3),316-
Sugiyono, 2002:62).(J.Supranto, 2001:80)
Sudjana,&Ibrahim.(1989).MetodePenelitianDeskriptif.InSujana,&Ibrahim,Metode
PenelitianDeskriptif(p.65).Jakarta:CinthiaMornisSartono.
Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Taniredja, Tukiran Dkk. 2016. Guru Yang Profesional. Bandung : Alfabeta
Prihartono,A.W.(2016).SuratKabar&KonvergensiMedia(StudiDeskriptifKualitatif
Model
Yulianingsih,D.,&Sultan.(2020).KlasifikasiKesalahanDanHambatanPenggunaanB
ahasa IndonesiaSebagaiAkademik.El-TsaqafahJurnalPBA,19(1),72-85
Zellatifany,C.M.,&Mudiyanto,B.(2018).
Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. JurnalDaikom,1(2),83-89.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.273-282.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id