Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write

Warni Diange

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mencoba menerapan salah satu model pembelajaran untuk mengaktifkansiswa dan mengefektifkan proses pembelajaran yaitu pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalahuntuk memperoleh gambaran model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Soal tes untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase.Berdasarkan analisis dari hasil penelitian yang dilakukan di kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Buntulia dengan subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII A sebanyak 23 siswa, dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia yakni dari yang tuntas berjumlah 8 siswa (34,78%) menjadi 20 siswa yang tuntas (86,96%). Hal ini berarti ada peningkatan yang signifikan sebesar 52,18 %.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Belajar

Ahmad, Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Anita, Lie. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Asrori, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas(peningkatan Kompetensi Profesional

Guru. Yogyakarta: Multi Pressindo

Bukhari, Umar. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2004. Al-Quran dan Terjemahannya.

Bandung: J-ART.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Mufarokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Sukses offset

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT Rineka Cipta

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zainal, Aqib. 2013. Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual.

Bandung: Yrama Widya




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.201-214.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id