Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mencoba menerapan salah satu model pembelajaran untuk mengaktifkansiswa dan mengefektifkan proses pembelajaran yaitu pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalahuntuk memperoleh gambaran model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Soal tes untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase.Berdasarkan analisis dari hasil penelitian yang dilakukan di kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Buntulia dengan subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII A sebanyak 23 siswa, dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Buntulia yakni dari yang tuntas berjumlah 8 siswa (34,78%) menjadi 20 siswa yang tuntas (86,96%). Hal ini berarti ada peningkatan yang signifikan sebesar 52,18 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Belajar
Ahmad, Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Anita, Lie. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.
Asrori, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas(peningkatan Kompetensi Profesional
Guru. Yogyakarta: Multi Pressindo
Bukhari, Umar. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2004. Al-Quran dan Terjemahannya.
Bandung: J-ART.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Mufarokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Sukses offset
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT Rineka Cipta
Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zainal, Aqib. 2013. Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual.
Bandung: Yrama Widya
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.201-214.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id