Pengaruh Kepemimpinan Karismatik Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Disiplin Kerja Guru

Lilah Holilah, Rhini Fatmasari, Tita Rosita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan karismatik dan kompetensi kepribadian terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar. Data dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan inferensial yaitu SEM dan analisis jalur (metode simultan yaitu uji-F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Karismatik berpengaruh signifikan dan positif diterima terhadap disiplin kerja guru, hal ini dapat dibuktikan dengan Thitung >Ttabel (3,49>1,97) dan nilai koefisien loading faktor  sebesar 0,33; (2) kompetensi kepribadian guru berpengaruh signifikan dan positif diterima, hal ini dapat dibuktikan  dengan Thitung >Ttabel (6,67>1,97) dan nilai koefisien loading faktor 0,65; (3) hasil uji bersama-sama kepemimpin karismatik dan kompetensi kepribadian guru berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja guru, hal ini dapat dibuktikan  dengan F hitung sebesar 5.155, nilai prob<alpha (0.007<5%), dan nilai R-square sebesar 51,44% sudah baik karena memiliki nilai lebih dari 50%. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan karismatik dan kompetensi kepribadian guru yang baik memiliki tingkat disiplin kerja guru yang tinggi.

The research aims to analyze the influences charismatic leadership and personality competence of teacher towards the discipline of work of states elementary teacher. The primary data were analyzed by using descriptive and inferential statistics that is SEM and path analysis (simultan method that is uji-F).  The result showed that: Firt, charismatic leadership significant influence and be accepted positively on the discipline of work of states elementary teacher, this was proved by  Thitung >Ttabel (3,49>1,97) and factor loading coefficient value equal to 0,33. Secondly, personality competence of teacher significant influence and be accepted positively on the discipline of work of states elementary teacher, this was proved by Thitung >Ttabel (6,67>1,97) dan factor loading coefficient value equal to 0,65. Third, the test results together charismatic leadership and personality competence of teacher towards the discipline of work of states elementary teacher, this was proved by F hitung amounting to 5.155, prob score<alpha (0.007<5%), dan R-square equal to 51,44% is good because it has a value of more than 50%. So it can be concluded that charismatic leadership and good teacher personality competence have a high level of teacher work discipline.


Keywords


Kepemimpinan Karismatik, Kompetensi Kepribadian, Disiplin Kerja, Charismatic Leadership, Personality Competence, Discipline of Work.

Full Text:

PDF

References


Djasadi, Wasino, T. S. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Kyai Kharismatik Dalam Memimpin Pondok Pesantren. Jurnal of Educational and Evaluation,6(1),10–18. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/1334

Habibi, A. (2013). pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Islam Hidayatullah Banyumanik, Semarang. Eprints.Walisongo.Ac.Id.

Hasanah, D. N. (2018). Hubungan Positif Antara Gaya Kepemimpinan Demokrasi dan Karismatik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru DI SD Wonocolo Surabaya.

Kurniatun, T.C dan Suryana, A. (2016). Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar (Suroyo (ed.); Edisi Kesa). Universitas Terbuka.

Mamonto, C., Manajemen, J., Fakultas, P., Pendidikan, I., Polinggapo, D. M., Sos, S., Ii, P., & Marhawati, B. (2013). pengaruh kompetensi kepribadian kepala sekolah dan motivasi guru terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Pinolosian.

Noviarista, H. (2014). Pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Transpormasional Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru.

Pranolo, S. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Telaga Antang Kabupaten Kota Waringin Timur. Repository.Ut.Ac.Id.

Rivai, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Rahmatika (ed.); 2005th-02–1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Rohmah, B. A. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Raden Patah Pujon Malang. 18.

Sastrohadiwiryo, B. . (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional (S. G. OffSet (ed.); Edisi Keti). Bumi Aksara.

Wibowo. (2013). Perilaku Dalam Organisasi (Edisi Kesa). Rajawali Pers.

Widyaningsih. (2016). PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP DISIPLIN SISWA KELAS V SD SE-GUGUS I SIDOARUM GODEAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016 Widyaningsih Universitas PGRI Yogyakarta. 1(1), 6.

Yusuf LN, S. dan N. J. (2008). Teori Kepribadian (R. Guswandi (ed.); Edisi Kedu). PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.563-576.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id