Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pendidikan Kesetaraan Paket C

Bayu Pradikto, Intan Purnama Dewi, Restu Janjumari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan pembelajaran di satuan pendidikan nonformal pada program pendidikan kesetaraan paket C menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SPNF-SKB Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara mengunakan aplikasi Kahoot!. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif pada kelas IPS mahir dasar mata pelajaran sosiologi dengan jumlah 23 warga belajar. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 78,3% atau masih dibawah presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar ≥ 85%. Pada siklus II sebesar 87% atau sudah masuk dalam kategori tuntas. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 71 yang selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kahoot! juga dapat meningkatkan aktivitas tutor, berdasarkan hasil obervasi pada siklus I dengan nilai sebesar 21 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 25,5 dengan kategori baik. Hasil observasi aktivitas warga belajar pada siklus I adalah 19 atau masuk kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 24 atau masuk ketagori baik. Kesimpulan bahwa pembelajaran koopertif tipe STAD menggunakan aplikasi kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar paket C IPS Mahir Dasar di SPNF SKB Arga Makmur.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif: Aplikasi Kahoot; Hasil Belajar; STAD

Full Text:

PDF

References


Barus, I. R. G., & Soedewo, T. (2019). Penggunaan Media Kahoot! dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris Studi Kasus: Mahasiswa Sekolah Vokasi–Institut Pertanian Bogor. In Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal (Vol. 1, No. 1). 589-595

Dellors, R. (2015). Kahoot! a digital Game Resource for Learning. International Journal of Instruktur Technology and Distance Learning, 12(4), 49-62

Eno, M.M. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Warga belajar dalam Belajar Ekonomi. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Hafni, N. (2019). Model Pendidikan Kesetaraan Paket A Setara SD/MI Mata Pelajaran PPKN. akademika, 8(02), 169-183.

Hakim, D.L. (2014). Effort to Improve Student Learning Outcomes by Using Cooperative Learning Type of Student Teams Achievement Division (STAD). Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Schiences, Yogyakarta State University, 18-20 May 2014, 135-142

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Ismaniati, Ch, Sungkono, Wahyuningsih. (2015). Model Blended Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Daya Tarik dalam Perkuliahan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 19-27

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Model Penilaian Pendidikan Kesetaraan Paket C dalam Jaringan. Bandung: PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat

Licorish, S.A. et.al. (2017). “Go Kahoot!” Enriching Classroom Engagement, Motivation dan Learning Experience with Games. Proceedings of 25th International Conference in Education. New Zealand: Asia-Pasific Society for Computer in Education

Muzakkir, A. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD dan Model Elaborasi Tipe PQ4R Ditinjau dari Kualitas dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2), 45-55

Ngadju, Y. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Numbered-Head-Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Suatu Penelitian Deskriptif Pada Siswa Kelas VII CC SMP Negeri 1 Kabila. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 249-254

Pello, ACS. (2018). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kahoot untuk Topik Persamaan Kuadrat pada Warga belajar Kelas X SMA IPH 2 Surabaya. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 89-100

Pratomo, Yudha. (24 Juni 2019). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. URL: https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

Rahman, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 19-24

Slavin, R.E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (Terjemahan). Bandung: Nusa Media

Sukmadinata, N.S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Sutrisno, S. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Ips Siswa Melalui Metode Student Teams Achievement Division (STAD). Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(1). 89-95




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.371-380.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id