Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pendidikan Kesetaraan Paket C
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan pembelajaran di satuan pendidikan nonformal pada program pendidikan kesetaraan paket C menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SPNF-SKB Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara mengunakan aplikasi Kahoot!. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif pada kelas IPS mahir dasar mata pelajaran sosiologi dengan jumlah 23 warga belajar. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 78,3% atau masih dibawah presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar ≥ 85%. Pada siklus II sebesar 87% atau sudah masuk dalam kategori tuntas. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 71 yang selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kahoot! juga dapat meningkatkan aktivitas tutor, berdasarkan hasil obervasi pada siklus I dengan nilai sebesar 21 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 25,5 dengan kategori baik. Hasil observasi aktivitas warga belajar pada siklus I adalah 19 atau masuk kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 24 atau masuk ketagori baik. Kesimpulan bahwa pembelajaran koopertif tipe STAD menggunakan aplikasi kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar paket C IPS Mahir Dasar di SPNF SKB Arga Makmur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barus, I. R. G., & Soedewo, T. (2019). Penggunaan Media Kahoot! dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris Studi Kasus: Mahasiswa Sekolah Vokasi–Institut Pertanian Bogor. In Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal (Vol. 1, No. 1). 589-595
Dellors, R. (2015). Kahoot! a digital Game Resource for Learning. International Journal of Instruktur Technology and Distance Learning, 12(4), 49-62
Eno, M.M. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Warga belajar dalam Belajar Ekonomi. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Hafni, N. (2019). Model Pendidikan Kesetaraan Paket A Setara SD/MI Mata Pelajaran PPKN. akademika, 8(02), 169-183.
Hakim, D.L. (2014). Effort to Improve Student Learning Outcomes by Using Cooperative Learning Type of Student Teams Achievement Division (STAD). Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Schiences, Yogyakarta State University, 18-20 May 2014, 135-142
Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Ismaniati, Ch, Sungkono, Wahyuningsih. (2015). Model Blended Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Daya Tarik dalam Perkuliahan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 19-27
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Model Penilaian Pendidikan Kesetaraan Paket C dalam Jaringan. Bandung: PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Licorish, S.A. et.al. (2017). “Go Kahoot!” Enriching Classroom Engagement, Motivation dan Learning Experience with Games. Proceedings of 25th International Conference in Education. New Zealand: Asia-Pasific Society for Computer in Education
Muzakkir, A. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD dan Model Elaborasi Tipe PQ4R Ditinjau dari Kualitas dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2), 45-55
Ngadju, Y. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Numbered-Head-Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Suatu Penelitian Deskriptif Pada Siswa Kelas VII CC SMP Negeri 1 Kabila. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 249-254
Pello, ACS. (2018). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kahoot untuk Topik Persamaan Kuadrat pada Warga belajar Kelas X SMA IPH 2 Surabaya. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 89-100
Pratomo, Yudha. (24 Juni 2019). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. URL: https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa
Rahman, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 19-24
Slavin, R.E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (Terjemahan). Bandung: Nusa Media
Sukmadinata, N.S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Sutrisno, S. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Ips Siswa Melalui Metode Student Teams Achievement Division (STAD). Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(1). 89-95
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.371-380.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id