Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Darmawan Harefa, Hestu Tansil La'ia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio video terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di desa Hiliganowo  yang berjumlah 23 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test sampel related untuk menguji hipotesis. Penelitian menunjukkan dengan penggunaan media pembelajaran audio video siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi yang disampaikan, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,516 > 1,721). Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio video mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.


Keywords


Media, Audio, Video, Problem Solving Ability, Mathematics

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT.Raja Grafindo Persada.

Darmawan. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA APLIKASI JARAK DAN PERPINDAHAN. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Hamalik, O., & Oemar Hamalik. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Harefa, D., D. (2020a). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatifve Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13–26.

Harefa, D., D. (2020b). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minat belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Lingusitik, 7(2), 49.

Harefa, D. (2019). The Effect Of Guide Note Taking Instructional Model Towards Physics Learning Outcomes On Harmonious Vibrations. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 4(1), 131–145.

Harefa, D. (2020a). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Terhadap Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225–240.

Harefa, D. (2020b). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592

Hendriana, R. dan S. (2018). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. PT. Refika Aditama.

Laia, H. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR TERHADAP SISWAKELAS VII SMP NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(4).

Sudjana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian. Alfabeta.

Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.

Susilana, D. (2017). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Susilawati, D. (2017). Pengaruh Media Kapone (Kancing Positif Negatif) Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id