Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran

Rusi Rusmiati Aliyyah, Saraswati Saraswati, Sri Wahyuni Ulfah, Subaiki Ikhwan

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya menggunakan media video pembelajaran. Menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis MC Taggart. Data diambil melalui observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian adalah 80% siswa mencapai KKM sebesar 70. Hasil pra siklus menunjukan hanya 14 siswa (46.7%) yang memiliki nilai 70 sesuai KKM. Siklus pertama menghasilkan 22 (73.3%) siswa mendapatkan nilai minimal 70, sedangkan pada siklus kedua sebanyak 25 (83.3%) siswa yang memiliki nilai sesuai KKM. Dengan demikian, terjadi peningkatan 27% dari nilai prasiklus ke siklus I, dan 10% dari siklus I ke siklus II.


Keywords


Media Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aliyyah, R., Puteri, F., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2).

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Rachmadtullah, R., Widyasari, Mulyadi, D., & Ikhwan, S. (2019). Using Of Student Teams Achievement Divisions Model (STAD) To Improve Student’s Mathematical Learning Outcomes. Journal of Physis: Conference Series, 1175.

Aliyyah Rusi Rusmiati dan Malia Yesi. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran SIfat-sifat Cahaya. Didaktika Tauhidi, 3, 82–90.

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4).

Astuti, L., Dwi, R., & Ghoni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku Berbasis Video Proshow. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6).

Busyaeri, A., Udin, T., & Jaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(1).

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Iriani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Melalui Media Pembelajaran Video pada Tema 6 dna 7 Topik Biologi. Jurnal Pendidikan, 4(1).

Kemendikbud, K. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2).

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Sari, Y., MS, Z., Lasha, V., & Kelengkongan, J. (2020). Peingkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Auditory, Intektual, Repatition (AIR) Berbentuk Komik di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1).

Siahaan, A. (2016). Ilmu Pendidikan dan Masyarakat Belajar. Citapustaka Media Perintis.

Simarmata, J., Hanum, R. A., Situmorang, D., Sitorus, M., & Lubis, R. A. (2020). Elemen-Elemen Multimedia Untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Siregar, J. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Bagi Siswa Kelas IV Di SDN I87/IV Kota Jambi. JDP, 8(2).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id