Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem

Uswatun Hasanah, Sarjono Sarjono, Ahmad Hariyadi

Abstract


Penerapan model pembelajaran ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS pada pokok bahasan aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan kelas VII SMP Taruna Kedungadem tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) memiliki kinerja yang lebih baik terhadap peningkatan prestasi belajar IPS Kelas VII SMP Taruna Kedungadem hal ini dilihat dari pengujian hipotesis dimana diperoleh nilai sig. (2-tailed) ≤ 0,05 yaitu, 0,000 ≤ 0,05. Sehingga dapat dikatakan Ho diterima dan Ha ditolak.


Keywords


Problem Based Learning, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pedagogia, 85-98.

Agustina, R., & Afriana, R. A. (2018). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Mina melanjutakan Pendidikan Ke Perguruan tinggi S1 Akuntansi pada Siswa SMK Swasta Di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, II, 12-27.

Alkaff, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Internet sebagai Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Fisip Di Universitas Islam jember. Paradigma Madani, II, 127-154.

Darmuki, A., Hariyadi, Ahmad, 2019. Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Bebrbicara Menggunakan Mind Map Pada Mahasiswa kelas IA PBSI IKIP PGRI BOJONEGORO TAHUN AKADEMIK 2019/2020. Di Unduh http://jurnal.umk.aci.id/index.php/kredo/index pada tanggal 02 April 2020.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Emzir. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fajri, N., Anwar, Y., & Nur, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Meuraxa Banda aceh . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 98-109.

Farisi, A., & Melvina, A. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, II(3), 283-287.

Gafur, A., & Utami, P. S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di SMP Negeri Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan IPS, II, 97-103.

Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Maslaah Dan Motivasi Belajat Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 912-917.

Istiatutik. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pelajaran ekonomi. JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual, 45-51.

Kanzunuddin, M., Ardi , S. D., & Pratiwi, I. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika, 177-182.

Lukman, & Ishartiwi. (2014). Pengembangna Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, I, 109-122.

Murwantono, & Sukidjo. (2015, Maret). Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Stimulan Gambar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2, 30-41.

Muthoharoh, N. B. (2017, agustus). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif "Think Pair Share" (TPS) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal SAP, II, 33-42.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja pressindo.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 1-14.

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyanin, S. W. (2017, April). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, I, 47-55.

Satrio, A., & Gafur, a. (2017). Pengembangan Visual Novel Game Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah mengeah Pertama. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1-12.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akdemik Teori dan Implementasinya. Batu: Literasi Nusantara.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Rhusty Publisher.

Warta, I., Yudana, M., & Natajaya, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau Dari Konsep Diri Akademik Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sukawati. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, IV, 3-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id