Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII C di MTs. Islamiyah Malo Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren Al Husna terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII C Di Mts. Islamiyah Malo.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, dan angket/kuesioner.Data dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis.Selanjutnya dipaparkan dan ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1.)Fasilitas Belajar (X1) memberikan pengaruh dibuktikan dengan thitung sebesar 2,620 dan ttabel dengan nila isignifikannya0,011<0,05. (2.) Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna (X2) memberikan pengaruh hal ini dibuktikan dengan thitung=0,742dant tabel signifikannya0,462<0.05.(3.) secara simultan Fasilitas Belajar (X1) Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna (X2 )berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS SiswaKelas VII C Di Mts. Islamiyah Malo, hal ini diketahui dari hasil pengujian yang menunjukkan thitung sebesar Fhitung= 8,477sama ttabel 0,001, karenasignifikasi lebih kecil dari alpha (0,001<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati,1991.Ilmu pendidikan,(Jakarta : Rinekecipta)
Arikunto Suharsimi,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta:Rieneke Cipta,2006)
Bafadal Ibrahim, Manajemen Perlengkapan Sekolah : Teori dan aplikasinya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003). Darmuki, Agus. 2014. Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pengajaran Matakuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi IKIP PGRI Bojonegoro. Seminar Nasional AJPBSI. Vol. 3(1), 79-82.
Hariyadi, A. & Darmuki, A. 2019. Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286. Hariyadi, Ahmad. 2018. Use of Smart Ladder Snake Media to Improve Student Learning Outcomes of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. Vol. 9(1), 107-111.
Hasan Iqbal, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Syah Muhibbin, psikologi belajar, (Jakarta: logos,1999)
Sulaiman Wahid, Analisis Regresi Berganda Menggunakan SPSS (Contoh Kasus dan Pemecahannya, (Yogyakarta: Andi, 2004)
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana,2009)
Thobroni. M, Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Praktik, (Yogyakarta; Ar-Ruuz, Media,2015)
Wahidmurni,Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan, (Malang : UM press, 2008)
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.29-36.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id