Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII C di MTs. Islamiyah Malo Tahun Ajaran 2019/2020

Maisyaroh Ayun Sirosa, Sarjono Sarjono, Ahmad Hariyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren Al Husna terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII C Di Mts. Islamiyah Malo.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, dan angket/kuesioner.Data dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis.Selanjutnya dipaparkan dan ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1.)Fasilitas Belajar (X1) memberikan pengaruh dibuktikan dengan thitung sebesar 2,620 dan ttabel dengan nila isignifikannya0,011<0,05. (2.) Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna (X2) memberikan pengaruh hal ini dibuktikan dengan thitung=0,742dant tabel signifikannya0,462<0.05.(3.) secara simultan Fasilitas Belajar (X1) Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna (X2 )berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS SiswaKelas VII C Di Mts. Islamiyah Malo, hal ini diketahui dari hasil pengujian yang menunjukkan thitung sebesar Fhitung= 8,477sama ttabel 0,001, karenasignifikasi lebih kecil dari alpha (0,001<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.


Keywords


Fasilitas Belajar, Lingkungan Pondok Pesantren, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati,1991.Ilmu pendidikan,(Jakarta : Rinekecipta)

Arikunto Suharsimi,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta:Rieneke Cipta,2006)

Bafadal Ibrahim, Manajemen Perlengkapan Sekolah : Teori dan aplikasinya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003). Darmuki, Agus. 2014. Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pengajaran Matakuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi IKIP PGRI Bojonegoro. Seminar Nasional AJPBSI. Vol. 3(1), 79-82.

Hariyadi, A. & Darmuki, A. 2019. Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286. Hariyadi, Ahmad. 2018. Use of Smart Ladder Snake Media to Improve Student Learning Outcomes of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. Vol. 9(1), 107-111.

Hasan Iqbal, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Syah Muhibbin, psikologi belajar, (Jakarta: logos,1999)

Sulaiman Wahid, Analisis Regresi Berganda Menggunakan SPSS (Contoh Kasus dan Pemecahannya, (Yogyakarta: Andi, 2004)

Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana,2009)

Thobroni. M, Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Praktik, (Yogyakarta; Ar-Ruuz, Media,2015)

Wahidmurni,Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan, (Malang : UM press, 2008)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.29-36.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id