Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo

Murhima A. Kau, Misnawati Idris

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penyesuaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyesuaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sampel adalah 48 siswa. Hasil penelitian deskripsi penyesusaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo menggambarkan bahwa memperoleh data hasil persentase dengan berdasarkan indikator 1 Penampilan Nyata menunjukan nilai rata- rata persentase senilai 82%. Berdasarkan indikator 2 Penyesuaian diri terhadap berbagai kelompok menunjukkan nilai rata – rata persentase senilai 75%. Berdasarkan indikator 3 Sikap Sosial menunjukan nilai rata – rata persentase senilai 79%. Berdasarkan indikator 4 Kepuasan Pribadi menunjukan nilai rata – rata persentase senilai 84%.

Keywords


Penyesuaian Sosial; Siswa

Full Text:

PDF

References


Akinlolu, David. A. (2010). The Buffering Effect of Emotional Intelligence on The Adjusment of Secondary School Transition. Electronic Journal Of Research of Educational Psychology

Hurlock, Elizabeth B.2010. Psikologi Pekembangan Jilid 5. Penerjemah: Meitasari T. & Muslichah Z. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moh. Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2012). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial siswa di sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, IX

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemuda. Bandung : Alfabeta.

Saifuddin Azwar. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Schneiders, Alexander A. (2010). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt, Reinhart dan Winstons.

Shapiro, Lawrence E. (2013). Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Penerjemah: Alex Tri K. & Damanik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Sunarto & Hartono. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. (2010). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Syamsu Yusuf. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

W. A. Gerungan. (2011). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Zainun. 2011. Psikologi Anak. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.265-274.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id