Model Pembelajaran Kooperatif Numbered-Head-Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Abstract
Pendidikan merupakan suatu tuntutan bagi setiap warga Negara, baik yang tua maupun yang masih muda. Penyelenggara pendidikan diharapkan dapat membekali setiap sumber daya manusia dengan pengetahuan, kecakapan dan keterampilan agar menjadi manusia yang berguna dikemudian hari. Selanjutnya dengan pendidikan tersebut akan menjadi motivasi bagi sumber daya manusia yang ingin mengembangkan dirinya, berpartisipasi secara aktuf, inovatif, dan produktif dalam pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut, telah diadakan berbagai perbaikan dan pembaharuan dalam sistem pendidikan yang mencakup semua komponen, antara lain: pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas guru, peningkatan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan kualitas anak didik
Pengembangan kurikulum merupakan hal yang sangat penting, untuk itu pemerintah saat ini sedang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Tujuan dari Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan yakni ingin memusatkan diri pada pengembangan seluruh kompotensi siswa. Siswa dibuat agar kompotesinya muncul dan dikembangkan semaksimal mungkin melalui proses belajar mengajar. Selain kurikulum salah satu aspek yang turut menentukan peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama peningkatan kualitas pada anak didik yang antara lain meliputi faktor ketrampilan mengajar guru dalam hal penyampaian materi pelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Rokhmad,1979. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Dahar, Ratna Wilis, 1998 Teori-Teori Belajar, Jakarta; Depdikbud
Djamarah Syaiful Bahri, 2002 Psikologi Belajar, Jakarta PT. Adi Mahsatya
Hamalik, Oemar, 1983. Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Jakarta; Rineka Cipta
M.Nur.1996. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya : IKIP Surabaya
Nasution,1984. Kurikulum Dan Pengajaran, Jakarta : Bina Aksara
Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil belajar dan Umpan Balik, Jakarta; Gramedia Widiasarana Indonesia
Sudajana, Nana, 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Sudibyo, Elok 2004. Teori teori Belajar yang melandasi model pembelajaran, Jakarta:Depdiknas
Uno, Hamzah 1999. Teori Belajar dan pembelajaran. Gorontalo. Nurul Janna
Winkel W.S 1996. Psikolog Pengajaran, Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.249-254.2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id