Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Pada Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas V SDN 01 Duhiadaa

Satmawati Masalubu

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 01 Duhiadaa pada tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 9 orang laki – laki dan 21 orang perempuan. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen hasil belajar peserta didik, lembar pengamatan aktivitas guru dan pengamatan aktivitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran (PAI) melalui penerapan pendekatan kontekstual (CTL). Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI melalui penerapan pendekatan kontekstual (CTL). Hasil belajar pada siklus I jumlah peserta didik yang memperoleh nilai tuntas atau mendapat nilai 75 keatas ada 18 orang (60%) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 orang (86,67%). Dengan demikian, pembelajaran melalui penerapan pendekatan kontekstual (CTL) sangat efektif digunakan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 01 Duhiadaa tahun pelajaran 2016/2017

Keywords


Pembelajaran PAI, Tes Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Abdulmajid dan Dian Andatani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Aburrahman Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Siswa Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Rosmala. 1994. Penilaian terhadap Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pustaka Jaya

Jonshon, Elanie B. 2011. CTL Contextual Teaching And Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Kaifa.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Rafika Aaditama

Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Konstekstual (Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Gramedia Widiasarana

Pandoyo. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Semarang:IKIP Semarang Press.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). 2009. PT. Bumi Aksara

Wina, Sanjaya. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.2.121-128.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id