Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas II SDN 4 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango

Marlina Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS di kelas II SDN 4 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah : Penggunaan Model Pembelajaran Tematik telah meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS khususnya di kelas II SDN 4 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Hal ini didukung dengan hasil pengujian: 1) Hasil Pengamatan motivasi belajar siswa yang termasuk pada kriteria sangat baik dan baik meningkat dari 41,66% pada pelaksanaan siklus I menjadi 91,66% pada pelaksanaan siklus II, 2) Hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kriteria sangat baik dan kriteria baik meningkat dari 47,36% pada pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 100% pada pelaksanaan siklus II, dan 3) Jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 75, meningkat dari 36,36% pada observasi awal menjadi 59,09% hasil pelaksanaan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 95,45% hasil pelaksanaan siklus II.

Keywords


Motivasi Belajar, Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Khoiru dan Sofyan Amri. 2011. Mengembangkan pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta. Prestasi Pustaka Karya.

Arends, Richard I. 2008. Leraning To Teach. Celeban Timur. Pustaka Pelajar.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Basrowi. H.M dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas Referensi Utama PTK Untuk Guru Serta Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bogor. Ghalia Indonesia.

Hakim, L. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandaung : CV. Wahana Prima.

Dadan. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Melalui Metode Talking Stick.

http://dadankpgsd.blogspot.com/2012/01/penelitian-tindakan-kelas-upaya.html Diakses tanggal 17 Maret 2014 Pukul 23.20 wita.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung. Alfabeta.

Hamalik, O. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

......................... 2013. Kurikulum danPembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Jihad, A dan Abdu,l Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Presindo.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Suatu Pendekatan Praktik Disertai Dengan Contoh. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosdakarya.

Misijan, S. 2012. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Di Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Jogyakarta. DIVA Press.

Rennyse. 2013. Makalah Motivasi Belajar. http://rennyse.blogspot.com/2013/03/ makalah-motivasi-belajar.html. 23 Desember 2013. (22:45)

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma baru pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Kencana Prenada Media Group.

................... 2013. Kurikulum dan pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2012, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajagrafindo Persada

Semiawan. 2009, Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta:Indeks

Siregar, Eveline dan Hartini, Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor. Ghalia Indonesia.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2011. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Sumani, M. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. 2012. Cooperatif Learning, Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Taneo, Silvester P.2009. Kajian IPS di SD. Jakarta. Dikti Depnas.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

........... 2013. Model Pembelajaran Terpadu konsep, Startegi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP). Jakarta. PT. Bumi Aksara.

............ 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori Dan Praktek. Jakarta. Prestasi Pustaka publisher.

Uno, H. B. 2011. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara.

....................2010. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta : bumi Aksara.

..................... Satria, Koni dan Nina Lamatenggo. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. MQS Publishing.

Sofyan, H. dan Hamzah B. Uno. 2004. Teori Motivasi Dan Aplikasinya Dalam Penelitian. Gorontalo.Nurul Jannah.

Winataputra, Udin dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.2.101-120.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id