Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas II SDN 4 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Khoiru dan Sofyan Amri. 2011. Mengembangkan pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta. Prestasi Pustaka Karya.
Arends, Richard I. 2008. Leraning To Teach. Celeban Timur. Pustaka Pelajar.
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Basrowi. H.M dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas Referensi Utama PTK Untuk Guru Serta Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bogor. Ghalia Indonesia.
Hakim, L. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandaung : CV. Wahana Prima.
Dadan. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Melalui Metode Talking Stick.
http://dadankpgsd.blogspot.com/2012/01/penelitian-tindakan-kelas-upaya.html Diakses tanggal 17 Maret 2014 Pukul 23.20 wita.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung. Alfabeta.
Hamalik, O. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
......................... 2013. Kurikulum danPembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Jihad, A dan Abdu,l Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Presindo.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Suatu Pendekatan Praktik Disertai Dengan Contoh. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosdakarya.
Misijan, S. 2012. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Di Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Jogyakarta. DIVA Press.
Rennyse. 2013. Makalah Motivasi Belajar. http://rennyse.blogspot.com/2013/03/ makalah-motivasi-belajar.html. 23 Desember 2013. (22:45)
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma baru pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, W. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Kencana Prenada Media Group.
................... 2013. Kurikulum dan pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2012, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajagrafindo Persada
Semiawan. 2009, Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta:Indeks
Siregar, Eveline dan Hartini, Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor. Ghalia Indonesia.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2011. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Sumani, M. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. 2012. Cooperatif Learning, Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Taneo, Silvester P.2009. Kajian IPS di SD. Jakarta. Dikti Depnas.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
........... 2013. Model Pembelajaran Terpadu konsep, Startegi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP). Jakarta. PT. Bumi Aksara.
............ 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori Dan Praktek. Jakarta. Prestasi Pustaka publisher.
Uno, H. B. 2011. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara.
....................2010. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta : bumi Aksara.
..................... Satria, Koni dan Nina Lamatenggo. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. MQS Publishing.
Sofyan, H. dan Hamzah B. Uno. 2004. Teori Motivasi Dan Aplikasinya Dalam Penelitian. Gorontalo.Nurul Jannah.
Winataputra, Udin dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta. Universitas Terbuka.
Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.2.101-120.2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id