Narasi Sakralitas Liturgi Ekaristi pada Ruang Panti Imam Gereja Katolik St. Petrus Bandung dalam Tayangan Misa Live-Streaming

Amanda Muliati, Yunita Setyoningrum, Carina Tjandradipura

Abstract


Penataan ruang di dalam bangunan gereja Katolik diatur berdasarkan kebutuhan upacara liturgi yang berlangsung di dalamnya, terutama liturgi sakramen Ekaristi yaitu ritual pengenangan Perjamuan Kudus Terakhir. Penataan ini diatur untuk mencerminkan sakralitas sesuai dengan prinsip estetika liturgi yaitu kesederhanaan luhur, kelaziman keindahan, kualitas dan kepantasan, keaslian. Penelitian ini mengkaji bagaimana narasi sakralitas yang muncul pada tayangan misa live-streaming, khususnya pada framing ritual Doa Syukur Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelusuri dan mendeskripsikan narasi sakralitas Gereja St. Petrus Bandung yang ditampilkan dalam framing secara virtual. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif pada data rekaman video live-streaming misa hari Minggu yang dilaksanakan pada akhir masa pandemi. Hasil penelitian ini berupa deskripsi implementasi prinsip estetika liturgi pada tampilan elemen ruang panti imam sebagai narasi sakralitas.

Keywords


liturgi ekaristi; live-streaming; panti imam; sakralitas

Full Text:

PDF

References


Alfonsus No Embu. 2020. Pengalaman Postreligius dan Media Sosial Digital dalam Praktek Misa Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jumpa Vol VIII No. 2, 20-47

Cornelius Iman Sukmana. 2022. Menghayati Misa Virtual: Merayakan Hiperrealitas Religius Menjadi Gereja Virtual di Katedral Jakarta. Jurnal Teologi, Volume 02, 181-207

Viktorahadi, R.F. Bhanu. 2021. Perubahan Pola Sakramen Umat Katolik Bandung pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pembangunan Nasional Vol. 4 No.1, 72-79.

Prasetyo, Ratna Azis, and Sudjak. 2019. Pergeseran Makna Ritual Ibadah di Era Digital. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis Vol.4 No.1, 14-20.

Johanes Supriyono. 2005. Paradigma Kultural Masyarakat Durkheimian, ed. Mudji Sutrisno dan Hendar Putranto, Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta:Kanisius.

Maria Claudia. 2021. Sakralitas pada Arsitektur Gereja Katolik Stella Maris. Skripsi. Fakultas Teknik UNPAR: Bandung.

Mrcea Eliade. 1959. The Sacred and The Profane. New York: HBJ Book.

Dokumen Konsili Vatikan II. 1990. Sacrosanctum Concilium Konstitusi Tentang Liturgi Suci. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.

Liberia Editrice Vaticana. 2005. Kompendium Katekismus Gereja Katolik. Jakarta: KWI dan Penerbit Kanisius.

Komisi Liturgi KWI. 1969. Pedoman Umum Misale Romanum. Jakarta:Nusa Indah.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.477-494.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id