Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mendukung Program Inklusi di TKIT Lentera Insan CDEC Depok
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Jember. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 89–101.
Badan Pusat statistik tentang Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Taman Kanak-Kanak (TK) di Bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2021/2022 .https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/MTVRQXRzUDNYdzRJVGFnVmZWRDE0UT09/da_04/1
Mulyono Abdulrahman. (2003). Landasan Pendidikan Inklusif dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan LPTK. Makalah disajikan dalam pelatihan penulisan buku ajar Bagi Dosen jurusan PLB yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti. Yogyakarta, 26 Agustus 2002.
Republik Indonesia. 1945. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, Jakarta
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). AlfabetaPeratutan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
Surat Keputan Direktur Lentera Insan CDEC No. 004/LI-CDEC/DIRUT/SK-B/VII/2023 tentang Posisi / Jabatan
Aviandini, E., Asikin, I., & Aziz, H. (2021). Penanganan gangguan konsentrasi pada anak dengan GPPH di PAUD inklusi. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/ga
Azmi, S. S. U., & Nurmaya, T. E. (2020). Peran Guru Pendamping. Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 3(1), 60–77.
Lailiyah, N., & Jihan, F. (2015). Peranan Guru Kelas dan Guru Pendamping Khusus dalam Memberikan Bimbingan Belajar pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3), 42–51.
Liani, S., Barsihanor, B., & Hafiz, A. (2021). Peran Guru Pendamping Khusus pada Program Layanan Pendidikan Inklusi di TK Idaman Banjarbaru. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 7. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.828
Rosita, T. (2020). Kompetensi Guru Pembimbing Khusus Dengan Pengajaran Kolaboratif. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 199–209. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.3799
Sulistiyaningsih, R., & Handayani, M. M. (2018). Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Index for Inclusion. Happiness, Journal of …, 2(2), 67–81. https://ojs.iainkediri.ac.id/index.php/happiness/article/view/1398%0Ahttps://ojs.iainkediri.ac.id/index.php/happiness/article/viewFile/1398/748
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.347-352.2024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id