Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa PBSI, FKIP, Universitas Pakuan Berbasis Lesson Study

Roy Efendi, Eri Sarimanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mahasiswa PBSI, FKIP, Universitas Pakuan dengan menerapkan model Project Based Learning berbasis Lesson Study. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa kelas A, semester III, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan, dan verifikasi data. Teknik yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan pengkajian pada hasil proyek (RPP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis Lesson Study.

Keywords


Model Project Based Learning; Menyusun RPP; Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Arsyad. (2021). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Keberlanjutan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Inpres 10/73 Welado, Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD), 1 (2), 158.

Arifin, Azam. 2023. “Bagaimana Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi?”. Panduan Mengajar, dilihat 27 Desember 2023, https://www.panduanmengajar.com/2021/12/bagaimana-merumuskan-indikator.html.

Citradevi, C. P., Widiyatmoko, A., & Khusniati, M. (2017). The effectiveness of project based learning (pjbl) worksheet to improve science process skill for seven graders of junior high school in the topic of environmental pollution. Unnes Science Education Journal, 6 (3), 1667– 1685.

Dewi, Dambayana, dan Namiasih. (2021). Pengimplementasian Lesson Study Menggunakan Teknik NHT pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Journal for Lesson and Learning Studies, 4 (2), 204.

Dewi, Mia Roosmalia. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project Based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal UPI ,19 (2), 222.

Dunia Dosen. (2023). “Mengenal Sintak Model Pembelajaran Project Based Learning”. Dunia Dosen.com, dilihat 27 Desember 2023, https://duniadosen.com/sintak-project-based-learning/.

Imron, Ali. 2000. Pembinaan Guru di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6 (2), 228-243.

Lestari, Putri Dwi Jayanti Pramesti, Imam Bahrozi, dan Ivo Yuliana. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9 (3), 154.

Lewis, Catherine C. (2004). Lesson study: A Handbook of Teacher-LedInstructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.

Panigoro, Imran. (2018). Pelaksanaan Bimbingan Berkelanjutan dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SDN 01 Popayoto. Jurnal Pendidikan Nonformal Aksara, 4 (02), 145.

Rahayu, Galih Dani Septiyan Rahayu dan Asep Samsudin. (2019). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mahasiswa PGSD, IKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 6 (2), 197.

Sumarni, W. (2015). The Strengths and Weaknesses of the Implementation of Project-Based Learning: A review. International Journal of Science and Research, 4 (3), 478-484.

Syaiful Sagala. (2014). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Tyastini, Murty Ayu, Rochmiyati & Sugiman. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kreativitas Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Kedaton. Jurnal Pedagogi, 1 (7), 1-13.

Wiharto, Mulyo. (2018). Kegiatan Lesson Study dalam Pembelajaran. Jurnal Forum Ilmiah, 15 (2): 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.289-306.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id