Analisis Keterampilan Menulis Teks Drama dengan Pembelajaran Quantum
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk teks drama yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Deru, Sumberrejo, Bojonegoro, Indonesia pada pembelajaran quantum. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan jumlah subjek 28 siswa. Dari 28 siswa kemudian peneliti mengambil 5 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks dramanya sesuai dengan indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis yang dimulai dari 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks drama yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Deru, Sumberrejo, Bojonegoro, Indonesia sudah mengacu pada struktur teks drama sesuai dengan teori Kosasih dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran quantum sangat tepat diterapkan pada pembelajaran. Pembelajaran quantum melatih otak kanan dan kiri untuk berpikir kreatif dan mempunyai pengetahuan yang luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audiovisual dan metode Quantum Learning. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 158–171. https://jurnal.umk.ac.id/index .php/RE/ article/view/607
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
DePorter, B. dan Hernakci M. (2010). Quantum learning, membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Fitrah, M., & Luthfiyah (2017). Metodologi penelitian; penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Hasanudin, C. dan Asror, A. G. (2017). Efektivitas model pembelajaran quantum learning dengan media aplikasi bamboomedia bmgames apps terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI se-kecamatan Kedungadem. Pedagogia, 6(2), 150-159. Retrieved from http://ojs.umsida.ac .id/index.php/pedagogia/article/view/907/774
Herdianingsih, S. & Akbar, M. R. (2018). Pelestarian tokoh lokal masyarkat Bima melalui kemampuan mahasiswa dalam menulis teks drama. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 46-52. Retrieved from http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/99/88.
Hidayah, R. N., Darmuki, A. & Hasanudin, C. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora tahun ajaran 2018/2019. Jurnal linguistik, sastra, dan pendidikan, 4(1), 309-320. Retrieved from http://ejournal .unwmataram.ac.id/trendi/article/view/152
Iswara, A. D. (2019). Penerapan metode kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo. Jurnal BAPALA, 1(1), 1-8. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala /ar ticle/view/29796
Kisnanto, I., Sholehuddin, M., & Setiyono J. (2019). Eksperimentasi model pembelajaran quantum learning berbasis pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan puisi. Jurnal genre, 1(1), 36-41. Retrieved from http://journal2.uad.ac.id/index.php/genre/article/view/1058
Krisbiono, Supriyanto, & Rustono. (2015). Keefektifan model sinektik dan model simulasi dalam pembelajaran menulis teks drama berdasarkan gaya belajar pada peserta didik kelas XI SMA. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 4(2), 125-130. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka /article/vi ew/9870/6310
Lestari, I. (2018). Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 3(3), 231-239. Retrieved from http://ojs.iptpisurakarta.org/in dex.php/Edudikara/article/view/5/2
Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 127-138. Retrieved from http://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/download /52/49
Nuke, A. (2019). Peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan media short film pada peserta kelas VIII DI SMP Negeri 3 Jombang tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal pendididikan Bahasa dan sastra Indonesia, 7(2), 39-48. Retrieved from https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastra/article/view/1291/ 1003
O’Sullivan, C., Schoenenberger, H., & Kingston, P. 2016. The Impact of Live Performance in Primary Schools in Ireland: A Case Study of the Abbey Theatre’s Priming the Canon Programme. National Drama Publications, 7(1)
Permanasari, D. (2019). Kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung. Jurnal kajian Bahasa dan sastra, 1(1), 57-62. Retreived from http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/ksatra/article/view/13
Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam menulis teks berita. Jurnal Bahasa dan sastra, 3(4), 1-11. Retreived from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10528/8287
Qalsum, U. (2018). Penerapan metode quantum learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.A SMP pesantren Datok Sulaiman Palopo khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal onoma: pendidikan, bahasa dan sastra, 4(2), 92-104. Retrieved from http://journal.uncp.ac.id/ index.php/onoma /article/view/1119
Rahimah, Priyadi, A. T., & Syambasril (2018). Pelaksanaan pembelajaran teks drama berdasarkan kurikulum 2013 di SMPN 10 Pontianak. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 7(7), 1-10. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php /jpdp b/article/view/26639
Saputro, T. dan Latifah S. (2018). Efektivitas metode pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X MA nurul islam gunung sari Ulubelu Tanggamus. Indonesian journal of science and mathematics education, 1(2), 29-37. Retrieved from http://ejournal.radenintan .ac.id/index.php /IJSME/article/view/2770/2034
Satinem. (2019). Apresiasi prosa fiksi: teori, metode dan penerapannya. Ngaglik, Sleman, Indonesia: CV. Budi Utama.
Sayidah, N. (2018). Metodologi penelitian disertai dengan contoh penerapannya dalam penelitian. Sidoarjo: Zifatma Jawara.
Sobari, T. (2012). Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional di SMK. STIKIP Siliwangi Jornals, 1(1), 17-41. Retrieved from http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/ article/view/98
Suparno, P. (2008). Riset tindakan untuk pendidik. Jakarta: PT. Grasindo.
Tambunan, B. dan Naelofaria, S. (2019). Efektivitas model novick terhadap keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP swasta angkasa lanud soewondo Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Jurnal basastra, 8(2), 191-200. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/ article/view/ 14470
Wahyuni, N., & Maureen, I. Y. (2010). Pemanfaatan media puzzle metamorfosis dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Sawunggaling I/382 Surabaya. Jurnal mahasiswa teknologi pendidikan, 1(2), 1-13. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/artic le/view/1595
Yusandra, T. F. (2017). Struktur percakapan dalam teks drama Anggun Nan Tongga karya Wisran Hadi. Jurnal kata, 1(2). 117-130. Retrieved from https://ejournal. kopertis10.or.id/index.php/kata/article/view/2112
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.179-190.2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id