Materi Dasar Piano Klasik untuk Anak Usia 6–8 Tahun di Pianissimo Music Course Bandarlampung

Afrizal Yudha Setiawan, Hana Permata Heldisari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja materi dasar piano klasik yang disajikan untuk anak usia 6 – 8 tahun, dan bagaimana bentuk penyajian materi tersebut. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku materi dasar piano klasik yang terdapat di tempat belajar piano non formal Pianissimo Music Course di kota Bandarlampung. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustakan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa materi dasar piano klasik untuk anak usia 6 – 8 tahun menggunakan materi tangganada, etude, teori dasar musik, dan lagu. Terdapat penyederhanaan materi sesuai dengan karakteristik siswa sebagai pemula, seperti penyajian etude sederhana, lagu yang disajikan tanpa garis paranada dan dilanjutkan dengan garis paranada, serta penyederhanaan penulisan notasi pada latihan tangganada. Materi disajikan secara berurutan dengan tingkat kesulitan rendah hingga tinggi secara bertahap. Selain itu, penggunaan warna dan gambar yang variatif dapat mengoptimalkan usaha untuk menarik perhatian siswa pada saat belajar.

Keywords


materi dasar; piano klasik; pendidikan musik non formal

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, Genta Kurnia. (2018). Konsep Pembelajaran Piano: Sebuah Sumbangsih Pemikiran. Jurnal Tonika Vol. 1, No.1, Halaman 51-64.

Beringer, O. Dunhill, T.F. Manual of Scales Arpegios and Broken Chords. London: Alice’s Collection

Cresswell, J.W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahlan, 2022. Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Melalui Pembelajaran Menyanyikan Lagu Anak-Anak. Action Research Journal, Vol. 1 (3), 256 – 261.

Darmalaksana, W. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Artikel Ilmiah. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Kornfeld, J. 2005. Music Notation and Theory for Intelligent Beginners. Diakses dari http://jkornfeld.net/complete_theory_text.pdf

Mamahi, H.F., Pandaleke, S.M. 2022. Strategi Kegiatan Pembelajaran Piano Klasik bagi Anak di Jackson’s Piano Private Learning.

Mudjilah, H.S. 2010. Teori Musik 1. Diktat. Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Putra, Z.A.W. 2017. Upaya Peningkatan Keterampilan Sight Reading Mahasiswa PIM IV Piano melalui Penerapan Program Super Sight-Reading Secret di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY. Jurnal Pendidikan Seni Musik Volume 6, Nomor 4, Hal 277-285.

Setiawan, A.Y. 2017. Piano Book for Beginners. Pianissimo Music Course.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.249-260.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id