Pemanfaatan Website Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Alo Karyati

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan website pembelajaran bahasa Jepang dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang banyak di pelajari di dunia termasuk di Indonesia. Ada banyak website pembelajaran bahasa Jepang, sehingga memudahkan para pembelajar maupun pengajar mengakses berbagai materi yang terdapat dalam website tersebut. Melalui website pembelajaran siswa dapat menjadi mandiri dalam belajar, tidak tergantung dengan guru dan bahan ajar saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari꞉(1) apakah penggunaan website pembelajaran Jepang dapat meningkatkan kemandirian siswa? (2) website pembelajaran bahasa Jepang apa saja yang digunakan mahasiswa dan dosen? (3) manfaat apa yang diperoleh mahasiswa dari penggunaan website pembelajaran bahasa Jepang? (4) apa kelebihan dan kekurangan website pembelajaran bahasa Jepang? Tujuan dari penelitian ini adalah: ꞉(1) mengetahui apakah penggunaan website pembelajaran Jepang dapat meningkatkan kemandirian siswa (2) mengetahui website pembelajaran bahasa Jepang apa saja yang digunakan mahasiswa dan dosen (3) mengetahui manfaat apa yang diperoleh mahasiswa dari penggunaan website pembelajaran bahasa Jepang (4) mengetahui apa kelebihan dan kekurangan website pembelajaran bahasa Jepang. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif, responden penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen sastra Jepang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan membagikan angket berupa kalimat pernyataan dan pertanyaan menggunakan google form. Hasil dari penelitian ini didapat hasil bahwa penggunaan website pembelajaran bahasa Jepang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Keywords


website pembelajaran; bahasa Jepang; kemandirian siswa

Full Text:

PDF

References


Fauzi, H. N., & Rosliyah, Y. (2020). Chi ’ e : Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Persepsi Pembelajar terhadap Media Kamus Tematik Berbasis Web bagi Pembelajar. CHI’E: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 8(1), 25–32.

Karyati, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Website Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 09(September), 1665–1674.

Karyati, A., & Rahmawati, Y. (2021). Pembelajaran Kanji Menggunakan Metode Flipped classroom dengan Media Online “Tanoshiijapanese.com” dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 9(1), 70–75. https://doi.org/10.15294/chie.v9i1.45468

Kun Makhsusy Permatasari1, & Alo Karyati. (2022). Peranan Media Online ”Tanoshiijapanese.Com” Sebagai Solusi Pembelajaran Kanji Di Masa Pandemi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47841/soshum.v1i1.113

Matsuo, Y. (2006). Graph-based Word Clustering using a Web Search Engine. July, 542–550.

Maulana, A., Pangaribuan, J. J., Zesty, J., Nadjar, F., & Robin. (2022). Simpuru: Gamifikasi Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Aplikasi Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 5(2), 60–65.

Nurmi, N. (2017). Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata. Edik Informatika, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1418

Of, D., & Learning, W. J. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI DEVELOPMENT OF WEBSITE-BASED JAPANESE LEARNING. 16(1), 50–59.

Rustanti, N. (2022). Penggunaan Dua Media Daring dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 5(2), 118. https://doi.org/10.22146/jla.74116

Ryota, S. (2016). Learning a language of two alphabets: practical aproaches in hiragana and katakana acquisition for beginner learners of japanese language. Investigación y Desarrollo, 11(1), 74–83.

Septiani, S. U. U., Hadriana, H., & Basri, M. S. (2022). Penggunaan Website Wkwk Japan Dalam Pembelajaran Mandiri Pada Mata Kuliah Nihongo Shokyuu Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 8(2), 132–140. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/44045

Sitohang, H., Rosmiati, & Sinaga, E. E. S. (2021). Aplikasi E-Learning Berbasis Web untuk Pembelajaran Jarak Jauh. JSAI : Journal Scientific and Applied Informatics, 4(01), 106–115.

Tran, H. N., & Hashimoto, S. (2022). Lessons Learned From Teaching Japanese for Medical Purposes to International Students. The Asian Conference on Language 2022: Official Conference Proceedings, 23–31. https://doi.org/10.22492/issn.2435-7030.2022.2

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis dan Perancangan Website sebagai Sarana Informasi pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan dan Komputer Akmi Baturaja. Jurnal Ilmiah MATRIK, 19(1), 1–10.

Trisdiono, H. (2013). Belajar Mandiri : Konsep Dan Penerapannya. Kemendikbud.

Wamuti, L., Bwire, A., & Were, V. (2022). Status of the Teaching and Learning of Japanese Language in Tertiary Institutions in Kenya. European Journal of Foreign Language Teaching, 6(1). https://doi.org/10.46827/ejfl.v6i1.4159




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.75-90.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id