Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ihsanul Amal

Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Ihsanul Amal untuk mengetahui peningkatan kompetensi pedagogik guru kelas dan bagaimana kompetensi yang di miliki. Dari hasil pembahasan penulis mendapati upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru kelas adalah dengan mengikuti kegiatan pertemuan guru-guru yang diadakan oleh pihak sekolah yang diadakan setiap 3 bulan sekali oleh Kualita Pendidik Indonesia (KPI). 3 bulan pertama membahas tentang kriteria guru seperti pelatihan manajemen kelas, pembuatan RPP, pelatihan strategi mengajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, yang terkait dengan tugas guru, mendesain kelas (Display) dan lain-lain; 3 bulan kedua meninjau kegiatan yang telah diberikan (Supervisi oleh KPI); 3 bulan ketiga menyupervisi kepala sekolah, bendahara dan; terakhir 3 bulan keempat acara seminar yang dihadiri oleh semua pihak sekolah dan orang tuan murid. Juga ada kegiatan seminar yang diadakan pihak sekolah yang dihadiri oleh orang tua anak dan seluruh pihak sekolah dilakukan per semester seperti parenting dan lain-lain. Ada juga kegiatan Forum Silaturahmi Orang tua dan Guru (FSOG) untuk menyampaikan informasi kepada orang tua peserta didik tentang perkembangan anak, diadakan setiap dua bulan sekali. Guru-guru juga diberikan keluasan untuk mengikuti kegiatan yang dapat mengembangkan kompetensi guru seperti seminar, workshop, dan lain-lain.


Keywords


Peningkatan; Kompetensi Pedagogik; Guru Kelas; SD IT Ihsanul Amal

Full Text:

PDF

References


Amirudin. (2016). Wawancara SD IT Ihsanul Amal.

Baderi, M. (2016). Wawancara SD IT Ihsanul Amal.

Basuki, I., & Hariyanto, M.S. (2015). Asesmen Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Bungin, B. (n.d.). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana.

Dokumentasi SD IT Ihsanul Amal. (2016, November 10).

Fatah Yasin, A. (2012). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH (Studi Kasus di MIN Malang I). El-QUDWAH, 0(0). Retrieved 11 May 2019 from http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/lemlit/article/view/1942

Kompetensi Pedagogik Guru Indonesia « Mahmuddin. (n.d.). Retrieved 7 May 2019, from https://mahmuddin.wordpress.com/2008/03/19/kompetensi-pedagogik-guru-indonesia/

Luthfiyah, & Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak Publisher.

Mellyhandayani. (2015, May 16). PERAN DAN TANGGUNG JAWAB GURU KELAS, GURU BIDANG STUDI DAN GURU PEMBIMBING KHUSUS DAN KERJASAMA DENGAN ORANG TUA DAN MASAYARAKAT DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF. Retrieved 7 May 2019 from https://mellyhandayanicyrus.wordpress.com/2015/05/16/peran-dan-tanggung-jawab-guru-kelas-guru-bidang-studi-dan-guru-pembimbing-khusus-dan-kerjasama-dengan-orang-tua-dan-masayarakat-dalam-pendidikan-inklusif/

muh., I. I. (n.d.). KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN | Ismail | Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Retrieved 6 May 2019, from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3809/3480

Muhaimin, & Mujib, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (cetakan ke-7). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhamidah. (2018). Problematika kompetensi pedagogi guru terhadap karakteristik peserta didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 03, 27–38.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Kencana.

Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Kencana.

Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Deepublish.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

SDIT Ihsanul Amal. (n.d.). Retrieved 14 May 2019 from http://www.sditihsanulamal.sch.id/

Sembiring, M. G. (n.d.). Menjadi Guru Sejati. Galangpress Group.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, W. (2009). Pendidikan nasional, strategi, dan tragedi. Penerbit Buku Kompas.

Syarifuddin. (2016). Observasi SD IT Ihsanul Amal.

Tim Penyusun, Sugono, D., Sugiyono, Maryani, Y., & Taqdir Qodratillah, M. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Yutmini, S. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: FKIP UNS.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.169-178.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id